Aneka Rupa Layang-Layang Hiasi Langit Natuna

id Aneka,lomba,Rupa,Layang,Hiasi,batu,akik,Langit,Natuna,festival,radio,penduduk,rapi

Aneka Rupa Layang-Layang Hiasi Langit Natuna

Bupati Natuna Ilyas Sabli dan Wakil Bupati Imalko didampingi unsur muspida dan panitia penyelenggara mengangkat layang-layang bertuliskan RAPI dalam acara pembukaan festival layang-layang diselenggarakan Radio Antara Penduduk Indonesia (RAPI) Cabang

Natuna (Antara Kepri) - Festival layang-layang yang ditaja Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Cabang Natuna di Pantai Kencana, Ranai, berlangsung meriah dengan ratusan layang-layang berbagai bentuk dan ukuran terbang menghiasi langit Natuna.

Bupati Natuna, Ilyas Sabli yang membuka langsung acara tersebut, Jumat mengatakan, manfaat festival layang-layang sangatlah besar, sebab memberi warna lain dari keanekaragaman budaya di Nusantara.

"Melalui festival layang-layang ini, diharapkan mampu menarik minat warga untuk terus melestarikan kekayaan bangsa, terutama melestarikan permainan layang-layang hias, tradisional dan kreasi berbagai bentuk," katanya.

Selain itu kata dia, pergelaran layang-layang ini dimaksudkan untu menyalurkan hobi bagi pecinta layang-layang di daerah perbatasan.

"Semoga dengan pergelaran layang-layang ini dapat memelihara dan melestarikan layang-layang sebagai seni budaya nasional di daerah perbatasan," ucap dia.

Sementara itu, ketua penyelenggara sekaligus Ketua RAPI Cabang Natuna, Raja Darmika menjelaskan, festival layang-layang ini adalah yang kedua dilaksanakan di Natuna.

"Acara ini merupakan agenda tahunan RAPI Cabang Natuna. Pada tahun ini diselenggarakan dari tanggal 13 hingga 15 Maret  2015 di Pantai Kencana, Ranai," ungkap Raja Darmika.

Raja Darmika menambahkan, festival kali ini memperlombakan layang-layang hias, layang-layang sabung, lomba membuat layang-layang tingkat anak-anak, serta lomba foto layangan amatir.

"Dalam acara ini, di perlombakan layang-layang hias, layang-layang sabung, lomba membuat layang-layang tingkat anak-anak, serta tak ketinggalan lomba foto layang-layang bagi fotografer amatir di daerah ini," jelasnya.

Kemudian tambah dia, dalam pergelaran layang-layang ini juga dilaksanakan kontes batu akik khusus batu Natuna. Bagi pemilik batu akik, harus membawa batu mentahnya dan referensi atau sinopsis umum terkait asal batu tersebut.

"Pameran dan kontes batu akik ini disejalankan dengan festival dan lomba layang-layang tahunan yang biasa digelar  oleh RAPI. Bagi pemilik batu akik, harus membawa batu mentahnya dan referensi atau sinopsis umum terkait asal batu itu," tambah dia.

Kontes batu ini merupakan yang pertama digelar RAPI, pasalnya momentum musiman batu akik yang sedang naik daun di seluruh Indonesia.

"Kontes batu akik ini adalah yang pertama kita lakukan di Natuna, semoga batu akik asal Natuna lebih dikenal masyarakat luar," kata dia.

Ikut menyaksikan acara tersebut, selain Bupati Natuna, Ilyas Sabli juga sejumlah SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, Unsur Muspida serta sejumlah tokoh dan masyarakat Natuna. (Antara).

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE