KPU Kepri akan Gunakan Data Kependudukan Kemdagri

id KPU,Kepri,Data,pemilih,Kependudukan,Kemdagri,pilkada,pemilihan,gubernur

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau (KPU Kepri) akan menggunakan data kependudukan yang bersumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

"Data kependudukan Kemdagri itu bersumber dari Dinas Kependudukan Kepri yang sudah diverifikasi, konsolidasi dan divalidasi. Data tersebut diharapkan akurat," kata Komisioner KPU Kepri Marsudi di Tanjungpinang.

Dia mengemukakan dari data tersebut akan ditetapkan daftar penduduk potensial pemilih. Kemudian, diverifikasi melalui daftar pemilih sementara sebelum ditetap sebagai daftar pemilih tetap.

"Data jumlah penduduk saat ini berguna untuk figur yang ingin mencalonkan diri melalui jalur independen," katanya.

Marsudi mengemukakan KPU Kepri sampai sekarang belum mendapat data kependudukan di Kepri, meski sudah menyurati Pemerintah Kepri. Bahkan KPU Kepri sudah meminta data tersebut secara lisan kepada Gubernur Kepri M Sani dan Kepala Dinas Kependudukan Kepri.

Namun KPU Kepri dan Dinas Kependudukan Kepri sudah mengikuti rapat kerja yang digelar Ditjen Administrasi Kependudukan Kemendagri di Batam baru-baru ini.

Berdasarkan informasi yang diterima KPU Kepri jumlah penduduk Kepri berkurang dari 2 juta orang menjadi 1,8 juta orang.

"Itu informasi yang kami terima dari Kemdagri, namun kami belum mendapat data resmi," ujarnya.

Menurut dia, jumlah penduduk di suatu wilayah tidak selalu bertambah, karena itu tidak mengherankan bila jumlah penduduk di Kepri berkurang. Pemerintah juga tidak dapat memaksakan masyarakat bertahan atau meninggalkan Kepri.

Selain itu, pengurangan jumlah penduduk kemungkinan disebabkan validasi data administrasi kependudukan yang ganda.

"Permasalahan yang harus diantisipasi akibat pengurangan jumlah penduduk di Kepri yakni pengurangan kuota kursi di DPRD. Harus ada regulasi permasalahan tersebut," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE