Wagub Hadiri Panen Semangka di Batam

id Wagub,Hadir,gubenur,kepri,soerya,Panen,Semangka,Batam

Batam (Antara Kepri) - Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo menghadiri panen raya buah semangka di perkebunan Tembesi Bengkel Kota Batam, Minggu.

"Saya melihat potensi di sini. Ini harus lebih ditingkatkan lagi," kata Soerya.

Ia mengapresiasi upaya yang dilakukan pekebun untuk menanam buah di kota industri, mengingat selama ini Batam sangat tergantung pada buah impor.

Dalam sekali panen, pekebun semangka Batam mampu menghasilkan hingga 160 ton, dan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Batam.

Wagub mengatakan dengan potensi itu, seharusnya pemerintah memberikan perhatian lebih besar untuk pekebun yang tinggal di Tembesi Bengkel itu.

Wagub berjanji akan berkoordinasi dengan DPRD Kepri, Pemkot Batam dan DPRD Batam untuk lebih meningkatkan hasil pekebun, di antaranya membuka akses jalan yang bagus.

"Akses jalan perlu ditingkatkan juga. Agar bapak ibu bisa lebih nyaman lagi," kata Wagub.

Di tempat yang sama, pekebun Batam, Yamin, mengatakan panen semangka relatif memberikan keuntungan kepada warga Tembesi Bengkel.

"Alhamdulillah, setiap panen hasilnya lumayan. Untuk satu hektare lahan tani dapat menghasilkan 18-20 ton semangka dengan harga jual Rp4.500 per kilo," kata Yamin.

Dalam setahun, pekebun bisa panen tiga hingga empat kali.

Kawasan pekebunan Tembesi Bengkel seluas 72 hektare yang ditanami berbagai macam buah dan sayuran yang hasilnya untuk memenuhi kebutuhan warga kota.

"Selain semangka, kami juga menanam sayuran basah, kangkung, sawi, bayam, kacang panjang, timun, jagung manis, singkong," kata Yamin.

Kepada Wagub, pekebun meminta agar pemerintah memperbaiki akses jalan ke wilayah perkebunan, karena belum beraspal, hanya jalan tanah yang becek.

"Untuk itu, kami berharap pak Soerya bisa memperhatikan kami," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE