Kepri Wajibkan Calon Siswa SD Dilengkapi IDL

id Kepri,batam,Calon,Siswa,SD,IDL,imunisasi,dasar

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mewajibkan calon siswa Sekolah Dasar melengkapi imunisasi dasar lengkap (IDL) sebagai syarat untuk mendaftar di sekolah mulai tahun ini.

"Itu merupakan instruksi dari Gubernur, untuk masuk SD, anak harus memiliki sertifikat IDL," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Chandra Rizal di Batam Kepri, Senin.

Menurut Chandra, instruksi Gubernur itu sejatinya untuk mendorong agar para orang tua melengkapi imunisasi seluruh anaknya. Bukan untuk mempersulit anak masuk sekolah.

Imunisasi dianggap penting untuk melindungi anak dari berbagai penyakit berbahaya. Dan itu harus dilengkapi mulai sejak beberapa hari setelah anak dilahirkan hingga usia beberapa tahun.

Selain itu syarat sertifikat IDL kepada anak masuk SD juga untuk memastikan anak terhindar dari penyakit berbahaya, sehingga bisa menerima ilmu pengetahuan yang diberikan dengan baik.

Ia mengatakan sertifikat IDL itu tidak harus oleh rumah sakit, melainkan boleh juga dari Puskesmas atau Posyandu.

"Tujuannya penting, demi kesehatan," kata dia.

Menurut dia, syarat IDL untuk SD itu berlaku untuk seluruh sekolah, tidak hanya untuk sekolah negeri.

"Semuanya sekolah, untuk apa ada pembedaan," kata dia.

Warga Kota Batam, Zulheimi mengatakan keberatan dengan syarat siswa masuk SD itu.

"Sebenarnya aturan itu baik, tapi, tidak semua anak yang sudah diimunisasi memiliki sertifikat itu," kata dia.

"Seperti anak saya, anak saya lengkap imunisasinya. Tapi tidak ada sertifikatnya, karena kami imunisasi di dokter yang berbeda. Dan tidak ada IMS, sehingga data imunisasi ada di dokumen dokter yang berbeda-beda," kata dia melanjutkan.

Ia mengatakan seharusnya pemerintah tidak memberlakukan kebijakan dengan mendadak, melainkan dengan masa tenggang, sehingga bisa dilengkapi oleh warga.

"Seharusnya aturan itu disosialisasi sejak lima tahun yang lalu, sehingga bisa disiapkan," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE