DPRD Kepri Upayakan Bandara Letung Didarati Boeing

id DPRD Kepri Upayakan, Bandara Letung, Didarati Boeing

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi III DPRD Kepri, akan terus mengupayakan agar landasan pacu Bandara Letung bisa didarati pesawat terbang jenis boeing, karena, landasan yang berasal dari APBN disiapkan untuk penerbangan ATR, terkesan tanggung.

"Sekiranya landasan pacu Bandara Letung yang disiapkan APBN sejauh 1.650 meter ini rampung, kedepan kita akan mendorong agar bisa ditambah menjadi 2.500 meter agar bisa didarati boeing," ujar Sekretaris Komisi III DPRD Kepri, Sofyan Samsir, ketika melakukan kunjungan ke Bandara Letung Kabupaten Anambas.

Untuk itu, pihaknya akan meminta gubernur melakukan review DED terhadap landasan pacu Bandara Letung,
Sehingga nanti dari APBN bisa melakukan perpanjang landasan menjadi 2.500 meter.

"Minimal landasan pacu Bandara Letung ditambah sejauh 2.500 meter agar bisa didarati boeing, " tegasnya.

Disamping itu, Komisi III DPRD Kepri juga mendorong agar pembangunan landasan pacu yang kini sedang dikerjakan bisa rampung tepat pada waktunya.

DPRD Kepri juga mensyukuri bahwa saat ini landasan pacu bandara Letung sudah berjalan akan masuk tahap pengaspalan dari kementerian sejauh 1.200 meter.

Termasuk komitmen Pemrov Kepri yang sudah menganggarkan sekitar Rp 16,4 milyar pada 2015 untuk pembangunan sekitar 9 sarana infastruktur di kawasan Bandara Letung, di antaranya rumah genset, poliklinik dan lain sebaginya.

"Sehingga keperluan dan kebutuhan masyarakat Anambas untuk mendekatkan jarak dengan ibukota Provinsi Kepri akan segera terwujud," paparnya.

Terkait hal itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bandara Letung dari Ditjen Kementrian Perhubungan Udara, Ariadi akan mengupayakan agar Bandara Letung bisa didarati pesawat terbang jenis boeing.

"Kita juga mengharapkan seperti yang dibicarakan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, bahwa kalau ada lahan dan bisa review masterplant maka landasan pacu bandara bisa diperpanjang sampai 2.000 bahkan 2.500 meter, "
kata Ariadi pada Antara.

Jika item tersebut terpenuhi, maka perpanjangan landasan pacu sejauh 2.000 sampai 2.500 meter diusulkan ke APBN 2017.

Artinya,  Bandara Letung nanti tidak hanya setakat mengoperasikan ATR, tetapi bisa mengoperasikan boeing dengan syarat ketersedian lahan dan review masterplant.

Perpanjangan landasan pacu yang akan diupayakan tersebut mengingat secara geografis Letung berada di kawasan perbatasan dengan negara Malaysia.

"Selain itu, keberadaan angkutan laut dipengaruhi cuaca dan menghabiskan waktu terlalu lalu untuk akses transportasi, " ujarnya.

Tentunya menjadi permasalahan apabila ada masyarakat yang sedang sakit parah yang memerlukan transportasi cepat.

"Untuk itu akan kita upayakan dan perjuangkan agar landasan Bandara Letung menjadi 2.500 meter," tegasnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE