Polda Kepri Tekankan Intelijen Deteksi Kerusuhan Pilkada

id Polda,Kepri,Intelijen,Deteksi,Kerusuhan,Pilkada,pemilihan,gubernur

Batam (Antara Kepri) - Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Arman Depari menekankan jajaran intelijen bawahannya untuk melakukan deteksi dini kemungkinan terjadi kerusuhan saat pemilihan Gubernur dan Bupati/Wali Kota di seluruh provinsi itu.

"Intelijen harus melakukan deteksi secara cermat dan tepat sehingga dapat memberikan masukan terhadap pimpinan guna mengambil keputusan yang bijak. Sehingga potensi yang ada bisa diminimalisasi," kata dia saat upacara rutin di halaman Mapolda Kepri, Kamis.

Segala bentuk ancaman yang mungkin timbul, kata dia, harus dideteksi sejak dini oleh intelijen sehingga bisa diambil tindakan secara cepat dan tepat agar situasi tetap kondusif.

"Upaya pencegahan diperlukan untuk memberikan rasa aman dan tenteram kepada masyarakat yang akan mengikuti pilkada tingkat kabupaten/kota dan provinsi," kata Arman.

Pilkada untuk pemilihan gubernur dan enam bupati/wali kota di Kepri akan dilaksanakan serentak pada 9 Desember 2015. Seluruh wilayah Provinsi Kepri hanya Kota Tanjungpinang yang tidak melaksanakan pemilihan wali kota.

Polisi, kata Arman, juga akan melakukan berbagai upaya pencegahan terjadinya tindakan kriminal yang merugikan masyarakat dengan mengintensifkan kegiatan patroli.

"Patroli dilaksanakan pada semua wilayah termasuk kawasan objek-objek vital serta kawasan lain yang dianggap memiliki tingkat kerawanan," kata dia.

Ia juga mengatakan pada anggotanya bahwa tugas yang diemban adalah tugas mulia yang diamanatkan oleh undang-undang.

"Yakinlah segala daya upaya serta ketulusan akan senantiasa mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa," kata dia.

Kepada segenap anggota Polda Kepri, Arman juga menyampaikan penghargaan atas pengabdian yang sudah diberikan dan meminta tetap menjaga solidaritas, integritas, keharmonisan, termasuk dengan penegak hukum.

"Hilangkan ego sektoral, serta jadikan Polri sebagai penegak revolusi mental yang meliputi revolusi kerja serta perubahan pola pikir diseluruh tingkat satuan, mulai dari polsek, polres, polda, sehingga program percepatan pembagunan berjalan lancar," kata Jenderal Bintang Satu. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE