Pemkot Batam Fasilitasi UMK dengan Perbankan

id Pemkot,Batam,Fasilitas,UMK,Perbankan,usaha,mikro,kecil

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau memfasilitasi usaha mikro dan kecil agar memperoleh tambahan modal dari pihak perbankan dalam Seminar Pembiayaan UMKM dan Koperasi di Batam, Senin.

"Kegiatan ini merupakan salah satu fungsi pemerintah untuk memfasilitasi, mempertemukan antara pelaku usaha mikro kecil dengan beberapa bank," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Batam, Pebrialin.

Pemkot berharap pertemuan antara pelaku UMK dengan pihak perbankan akan mendorong ketertarikan, dan terjadi transaksi antara UMK dengan bank.

Menurut dia, pelaku usaha mikro dan kecil di Batam saat ini belum memiliki akses luas terhadap perbankan, sehingga pemerintah berupaya untuk memfasilitasi keduanya. Berbeda dengan usaha menengah, yang sudah "bankable".

Ia bercerita, Pemkot Batam sudah tidak lagi menjalankan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sejak 2014, sehingga perlu keterlibatan perbankan untuk memberikan bantuan pembiayaan untuk UMK.   

"Harapan kami, bank-bank di Batam bisa memberikan pembiayaan untuk UMKM," kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Bank Indonesia Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, sepakat hingga saat ini usaha mikro dan kecil di Batam masih sedikit yang memperoleh pembiayaan dari perbankan.

Menurut dia, itu disebabkan karena kurangnya komunikasi antara UMK dengan perbankan.

"Sebenarnya ini masalah kepercayaan, masalah hubungan baik. Kalau teman-teman perbankan sudah tahu prospek dan potensi usahanya, justru perbankan yang akan mendatangi UMK. Yang kurang selama ini adalah komunikasi," kata dia.

Data BI menyebutkan, masalah utama yang dihadapi pelaku UMK bukan permodalan, melainkan sumber daya manusia pelaku UMK.

Karenanya, keterampilan pelaku UMK perlu ditingkatkan.

Selain itu, UMK juga tidak memiliki standar, sehingga sulit memasuki dan bersaing dalam pasar. Masalah lainnya adalah  pemasaran. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE