Pemkot Tanjungpinang Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Pendidikan

id Pemkot,Tanjungpinang,Prioritas,Pembangunan,Infrastruktur,Pendidikan,musrenbang

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur pendidikan mulai dari membangun SD-SMA untuk meningkatkan sumber daya manusia.

"Pembangunan sekolah itu merupakan kebutuhan mendesak, termasuk meningkatkan fasilitas pendidikan di sekolah yang menunjang kegiatan mengajar," kata Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tanjungpinang, Senin.

Dalam Musrenbang bertema "Akselerasi Pembangunan Ekonomi Daerah Berbasis Potensi Keunggulan yang Kreatif dan Kompetitif Menuju Tanjungpinang yang Sejahtera, Berakhlak Mulia dan berwawasan Lingkungan" itu, Lis mengatakan, selain membangun infrastruktur pendidikan, lanjutnya Pemkot Tanjungpinang juga akan meningkatkan kualitas sektor kesehatan.     

Sarana pelayanan kesehatan seperti Puskesmas perlahan-lahan sudah mulai dibenahi, termasuk perbaikan RSUD Tanjungpinang.

"Semakin hari kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan semakin tinggi. Pelayanannya pun harus ditingkatkan," katanya.

Pemkot Tanjungpinang juga fokus dalam melakukan berbagai kegiatan untuk menurunkan angka kemiskinan. Program sosial kemasyarakatan dievaluasi, diperbaiki dan ditingkatkan.

"Kami juga berupaya meningkatkan sektor perekonomian di Tanjungpinang. Sektor perekonomian harus mendapat perhatian khusus," katanya.

Lis mengatakan Musrenbang Tanjungpinang ini merupakan usaha pemerintah untuk dapat menyatukan pandangan, langkah dan strategi pemerintah daerah dan pusat dalam membuat rencana kerja dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah sehingga dapat menjadi acuan dalam melaksanakan pembangunan.

"Pemkot Tanjungpinang telah membuat strategi-strategi khusus untuk melakukan percepatan guna menciptakan Kota Tanjungpinang selaras dengan visi dan misinya," kata Lis Darmansyah.

Sekretaris Bappeda Kota Tanjungpinang Indriani menambahkan, Musrenbang Tanjungpinang diharapkan mampu memfasilitasi dan mempercepat pembangunan daerah, dari rencana awal kerangka regulasi, pembahasan isu strategis dan pengoptimalisasian dana pembangunan.

"Musrenbang penting sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan," katanya.

Musrenbang Tanjungpinang dibuka Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, yang didampingi Kepala Bappeda Kepri Naharudin. Soerya mengatakan bahwa Musrenbang kota dan kabupaten ini merupakan kelanjutan dari hasil musyawarah di tingkat kelurahan, kecamatan dan jajaran SKPD di lingkungan Kota Tanjungpinang.

Dia mengharapkan agar Pemerintah tepat sasaran dalam membahas mengenai pembangunan seperti apa yang diinginkan masyarakatnya.

"Semoga dalam Musrenbang ini, semua pihak konsisten untuk dapat bersama-sama konsisten untuk merencanakan pembangunan yang tak hanya mampu memajukan daerah namun juga mampu menyejahterakan rakyatnya," ungkap Soerya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE