Polda Kepri Permudah Warga Pesisir jadi Polisi

id Polda,Kepri,Warga,Pesisir,batam,pulau,Polisi

Batam (Antara Kepri) - Polda Kepulauan Riau mempermudah warga masyarakat seluruh pulau dan pesisir yang mendaftarkan diri untuk menjadi anggota Polri pada penerimaan pertengahan 2015.

"Kami berjanji memberikan kemudahan bagi pemuda dan pemudi di pesisir dan pulau seluruh Kepri yang mendaftarkan diri untuk  menjadi anggota Polri," kata Kepala Biro Sumber Daya Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Kepri), Komisaris Besar Polisi Susetio Cahyadi di Batam, Selasa.

Polda Kepri, kata dia, berharap jika banyak orang muda pulau menjadi anggota Polri akan merasa besar tanggung jawab terhadap daerahnya sehingga dapat menjalankan tugas dengan optimal.

"Selain itu, jika lulus maka anggota dipastikan sudah memahami wilayah tugasnya. Jadi cepat menyesuaikan diri dibanding anggota dari daerah lain yang ditempatkan," kata dia.

Agar informasi sampai hingga daerah pulau yang terpencil, kata dia, Polda Kepri sudah mengintruksikan Kapolsek dan Babin Kamtibmas untuk turut menyosialisasikan penerimaan tersebut.

"Kami juga mengharapkan peran aktif pihak pemerintah hihgga kecamatan setempat menyediakan SDM dari pulau terluar," kata Susetio.

Susetio juga mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Provinsi Kepri agar dapat membantu menyosialisasikan langsung ke lapangan karena badan tersebut memiliki anggaran untuk itu.

"Kami menjamin bebas biaya dalam proses seleksi penerimaan Polri. Kami juga menjamin proses rekrutmen bersih, akuntabel dan transparan," kata Susetio.

Susetio mengatakan, hasil akhir proses penerimaan tetap berada di Mabes Polri sementara Polda Kepri hanya sebagai pelaksana pada tingkat daerah saja.

"Untuk standar kelulusan kami memang tidak bisa membantu. Itu semua ada di Mabes Polri. Kami hanya bisa memberikan kemudahan bagi anak-anak pulau untuk mengikuti seleksi di Polda Kepri," kata dia.

Meskipun pendaftaran Polri untuk Akpol, Brigadir, dan Tamtama belum dipastikan jadwalnya, kata Susetio, namun Polda Kepri telah menyiapkan pos pelayanan penerimaan di lobi Polda.

"Bagi masyarakat yang ingin mengetahui penerimaan Polri juga bisa mengakses laman www.penerimaan.polri.go.id atau alamat facebook dalpres kepri dan BBM 52105925," kata Susetio. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE