Disdik Anambas Target Kelulusan Siswa 100 Persen

id Disdik,Anambas,Target,Kelulusan,Siswa,ujian,nasional,un

Anambas (Antara Kepri) - Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas menargetkan kelulusan siswa 100 persen dalam Ujian Nasional SMA sederajat pada April 2015.

"Agar para Siswa dapat lulus semua. Seluruh sekolah kita minta melakukan terobosan-terobosan seperti penambahan waktu belajar serta les-les. Selain itu dengan Perbup pemberlakukan jam malam, tentunya membuat siswa kelas III dapat fokus belajar menghadapi UN," kata Sekretaris Disdik Anambas Rio Rizal di Tarempa, Rabu.

Pelaksanaan UN, menurut Rio masih menggunakan sistem manual, dan diperkirakan soal-soal ujian didistribusikan mengunakan KM Bukit Raya pada 4 April mendatang .

UN akan dilaksanakan dari 13 sampai dengan 15 April 2015 untuk SMU, MA dan SMK dari 13 sampai dengan 16.

Dijelaskannya, pada tahun ini terdapat 534 siswa yang akan mengikuti UN, terdiri dari 401 SMU dan MA serta 133 dari SMK.

Selain itu, dia juga menjelaskan soal distribusi soal nantinya, akan dikirim langsung oleh panitia UN Provinsi Kepri. "Soal UN akan disimpan di Polsek Siantan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaannya," ungkap Rio.

Rio mengatakan soal-soal akan didistribusikan dua hari menjelang UN untuk sekolah yang berada di pulau-pulau, sedangkan sekolah yang berada di Tarempa akan didistribusikan pada hari perdana pelaksanaan UN.

"Lembar soal dan jawaban UN yang akan datang sesuai dengan jumlah peserta yang mengikutinya", terangnya.

Untuk masaalah kelulusan, tetap seperti dulu tergantung hasil UN, namun untuk saat ini sekolah yang menentukan lulus dan tidaknya para siswanya.

Lebih lanjut, terang Rio, nilai semester 3,4 dan 5 bobotnya 30-50 persen. Ujian sekolah bobotnya 50-70 persen. Rio menargetkan untuk tahun 2015 ini seluruh siswa dapat lulus 100 persen.

"Sekolah yang menentukan kelulusan melalui rapat majelis guru,  Untuk tahun 2014 lalu ada 1 siswa yang tidak lulus," bebernya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE