Pemkot Tanjungpinang Dukung Program 1 Juta Rumah

id Pemkot,Tanjungpinang,Dukung,Program,1,Juta,Rumah

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau mendukung program 1 Juta Rumah yang dicanangkan pemerintah pusat secara menyeluruh di kabupaten dan kota se-Indonesia.

"Program itu membutuhkan lahan. Untuk persoalan lahan akan dibicarakan dengan wali kota," ujar Sekretaris Kota Tanjungpinang Riono di Tanjungpinang, Kamis.

Dia juga mengatakan Pemkot Tanjungpinang belum mendapat petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana dalam melaksanakan program tersebut. Artinya, persoalan yang akan ditangani dalam melaksanakan program itu, termasuk penyiapkan lahan baru dilakukan setelah ada regulasinya.

Program tersebut juga membutuhkan dukungan dari DPRD Kota Tanjungpinang terkait penganggaran kegiatan tersebut. Tanpa dukungan DPRD Tanjungpinang, tidak dapat dilakukan pembebasan lahan dan pembangunan rumah.

Selain permasalahan itu, lanjutnya program pembangunan 1 Juta Rumah tersebut harus jelas peruntukkannya.

"Tentunya perlu kajian lebih lanjut, untuk siapa rumah itu nanti, PNS atau masyarakat. Kalau masyarakat tentunya tidak hanya ditanggung pemerintah saja," kata Riono.

Jika diperuntukkan bagi PNS Pemkot Tanjungpinang,  kata Riono perlu ditelaah data seberapa banyak PNS Pemkot Tanjungpinang yang belum memiliki hunian.

Terkait program 1 Juta Rumah ini, sebenarnya sudah ada sejak era Megawati jadi Presiden.

"Karena saya pernah mengalaminya waktu bertugas di Karimun, kami sudah membangun bahkan sampai 468 unit rumah," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE