Festival Bedelau Untuk Bangkitkan Tanjungpinang Bersih

id festival,bedelau,untuk,bangkitkan,tanjungpinang,bersih

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menggelar Festival Bedelau untuk membangkitkan semangat serta kesadaran masyarakat setempat dalam menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan.

"Festival itu untuk menebar kebaikan, dibuka hari ini di Lapangan Pamedan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Tanjungpinang Juramadi Esram di Tanjungpinang, Sabtu.

Esram menjelaskan "bedelau" diambil dari bahasa Melayu yang artinya cantik dan menarik perhatian. Kata itu kerap disampaikan masyarakat Tanjungpinang saat memuji apapun yang dilihatnya.

Bedelau dijadikan festival yang pertama kali digelar di Tanjungpinang.

"Keberhasilan program ini akan mempengaruhi sektor pariwisata. Wisman tidak akan berkunjung ke Tanjungpinang kalau kota ini tidak aman," katanya.

Festival itu akan menampilkan berbagai pagelaran budaya se-Nusantara, mulai dari Melayu, Jawa, hingga Sunda serta pertunjukkan tarian daerah dan penampilan seni lainnya.

Festival Tanjungpinang Bedelau itu juga tidak hanya berisi imbauan atau ajakan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan, melainkan akan dimeriahkan penyanyi ibu kota yakni Ihsan,  Winda dan Ajeng.

"Para penyanyi itu pernah ikut Indonesia Idol. Ini adalah upaya kita untuk menjadikan kota ini kota yang bersih, intinya semua yang baik ada di Tanjungpinang, " ujarnya.

Program Tanjungpinang Bedelau ditargetkan tercapai pada 2020. Target itu dapat tercapai bila masyarakat bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkannya.

Tanpa kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah sambungnya, Tanjungpinang Bedelau tidak akan tercapai.

"Kami akan mengajak masyarakat untuk bekerja sama untuk mewujudkan Tanjungpinang yang lebih baik," katanya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE