Batam Anggarkan 345 Listrik SHS Untuk Pulau

id Batam, Anggarkan, 345, Listrik, SHS, Untuk, Pulau

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menganggarkan pengadaan 345 unit listrik "solar home system" pada APBD 2015 untuk rumah dan fasilitas sosial di pulau-pulau penyangga.

"Tahun ini kami adakan 345 unit SHS dan pengadaannya sudah lelang," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Batam Pebrialin di Batam, Minggu.

Ia mengatakan 345 unit SHS itu akan dipasang di rumah-rumah warga di beberapa pulau berbeda.

Namun, Pebrialin enggan menyebutkan pulau-pulau yang akan dibantu dengan listrik SHS. "Ada beberapa pulau, berbeda-beda. Di lokasi yang belum tersentuh," kata dia.

Kepala Dinas juga memastikan pemasangan SHS tidak akan tumpang tindih dengan program pengadan listrik yang dilakukan pemerintah pusat.

Pemkot hanya akan memberikan SHS kepada rumah warga atau pulau-pulau yang tidak masuk dalam rencana pembangunan infrastruktur listrik pemerintah pusat.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Rudi mengatakan pemerintah kota memang sengaja mengadakan listrik SHS untuk warga yang tinggal di pulau-pulau penyangga.

Ia optimis, dengan pengadaan listrik SHS yang sudah dilakukan Pemkot selama beberapa tahun terakhir, maka masalah kelistrikan di pulau penyangga akan selesai tahun depan.

"Pada 2016 listrik yang ada di pulau-pulau akan terang benderang dengan menggunakan program 'solar home system' untuk masyarakat yang ada di 'hinterland'," kata Wakil Wali Kota.

Listrik tenaga surya dipilih oleh Pemkot Batam karena lebih murah dan mudah ketimbang pembangkit tenaga diesel, yang membutuhkan bahan bakar solar dan biaya perawatan yang relatif besar.

Sebelumnya, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan memastikan lebih 50 persen dari seluruh pulau penyangga di kota itu sudah teraliri listrik dari berbagai program pembangunan infrastruktur.

Wali Kota mengatakan pengadaan listrik di pulau penyangga sebagian oleh PT.PLN (Persero), sebagian menggunakan genset pengadaan Pemkot Batam dan sebagian lagi menggunakan listrik tenaga surya dari Pemkot.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE