Batam Harap Bebas Visa Tiongkok Segera Terealisasi

id batam,harap,bebas,visa,tiongkok,segera,teralisasi

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau berharap penerapan bebas visa untuk warga negara Tiongkok yang bepergian ke Indonesia segera terealisasi untuk mendongkrak kunjungan wisman.
       
"Besar harapan kami kebijakan bebas visa untuk Tiongkok bisa cepat dilaksanakan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Yusfa Hendri di Batam, Rabu.
       
Ia percaya, jika bebas visa untuk Tiongkok diterapkan, maka mampu mendongkrak kunjungan wisman asal Negeri Tirai Bambu itu.
       
Apalagi, kata dia menambahkan, di Batam terdapat destinasi wisata Jalur Pelayaran Laksamana Cheng Ho di kompleks Golden City.
       
Sejak pertama kali diresmikan pada akhir Februari saja, destinasi wisata yang menampilkan replika Kapal Laksamana Cheng Ho itu langsung ramai didatangi wisman.
       
"Tapi memang belum yang dari Tiongkok, tapi warga negara Singapura. Ada penambahan dari Tiongkok, tapi kecil," kata dia.
       
Sampai saat ini, juga belum ada paket wisata khusus warga negara Tiongkok ke destinasi Jalur Pelayaran Laksamana Cheng Ho.
       
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti percaya, bebas visa untuk warga Tionghoa dan destinasi wisata Jalur Pelayaran Laksamana Cheng Ho mampu mendongkrak kunjungan wisman ke Kepri.
       
Menurut dia, wisman Tiongkok sangat potensial untuk digarap, mengingat warganya suka plesiran. "Karena Tionghoa adalah market wisatawan yang besar untuk Indonesia," katanya.
       
Apalagi Presiden Joko Widodo dan Presiden Tiongkok telah sepakat untuk kerja sama bidang pariwisata, kata dia.
       
Sementara itu, angka kunjungan wisman ke Batam meningkat hingga 22 persen pada Februari 2015 dibanding bulan yang sama tahun lalu. Pemerintah percaya, salah satu pendorong naiknya kunjungan wisman adalah peresmian destinasi Jalur Pelayaran Laksamana Cheng Ho.
       
Hingga Februari, pemerintah mencatat wisman ke Batam sebanyak 230.130 orang. Itu baru 12,5 persen dari total target kunjungan wisman ke Batam sepanjang 2015 yang ditetapkan pemerintah pusat.
       
Pemkot Batam sendiri, dalam rapat Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, menetapkan target moderat sebanyak 1,512 juta kunjungan wisman pada 2015.
       
Pemkot juga menetapkan target optimis Kota Batam sebanyak 1.696.406 kunjungan wisman dan target konstan 1.413.672 kunjungan wisman.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE