KPU Kepri: 17 April Peluncuran Pilkada Serentak

id KPU,Kepri,Peluncuran,Pilkada,pemilihan,kepala,daerah,gubernur,bupati,wali,kota,Serentak

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau menyatakan KPU Pusat berencana pada 17 April 2015 meluncurkan pilkada serentak se-Indonesia.

"Ini pilkada terbesar dalam sejarah pesta demokrasi di Indonesia, meski belum semua kabupaten dan kota menyelenggarakannya," kata Komisioner KPU Kepri Marsudi di Tanjungpinang, Senin.

Dia menjelaskan di Kepri akan diselenggarakan pemilihan gubernur, enam bupati/wali kota.

"Pilkada diselenggarakan di daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada semester pertama 2016. Pilkada diselenggarakan pada Desember 2015, serentak dengan daerah lainnya," ujarnya.

Marsudi mengemukakan selain peluncuran pilkada serentak, Kementerian Dalam Negeri juga akan menyerahkan data agregat kependudukan kepada KPU RI pada 17 April 2015. Data tersebut akan didistribusikan ke KPU provinsi, kabupaten dan kota.

Data kependudukan yang diserahkan bersumber dari data Desember 2014, karena belum memasuki semester pertama 2015.

"Data potensi penduduk pemilih akan diserahkan pada pertengahan tahun ini," ujarnya.

Data agregat kependudukan itu akan digunakan sebagai dasar dalam penetapan syarat dukungan untuk politikus yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah melalui jalur independen.

Calon independen harus menyiapkan dukungan 10 persen dari jumlah penduduk di Kepri, karena jumlah penduduk di wilayah ini tidak mencapai dua juta orang.

"Data agregat itu digunakan khusus untuk kepentingan calon independen," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE