Pos Tanjungpinang Salurkan 89,4 Persen Dana PSKS

id Pos,Tanjungpinang,Dana,PSKS

Tanjungpinang (Antara Kepri) - PT Pos Indonesia Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, sejak 1-15 April 2015 menyatakan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sudah terealisasi sebanyak 89,4 persen dari 7.599 keluarga.

"Sampai 15 April 2015 dana tersebut sudah disalurkan kepada 6.790 kepala keluarga di Tanjungpinang," kata Kepala PT Pos Tanjungpinang Sujatmiko di Tanjungpinang, Kamis.

Dia mengatakan dana yang disalurkan kepada setiap keluarga sebesar Rp600.000. Dana yang bersumber dari anggaran pusat itu merupakan akumulasi dari bantuan sebesar Rp200.000 per bulan.

"Dana itu akumulasi dari Januari-Maret 2015 sehingga nilainya mencapai Rp600.000," katanya.

Penyaluran dana itu dilakukan di Kantor PT Pos Tanjungpinang dan kantor kelurahan. Sampai sekarang petugas masih melayani warga yang berhak menerima bantuan tersebut.

Sejauh ini, menurut dia tidak ada kendala dalam penyaluran dana tersebut.

"Kami memberikan dana tersebut berdasarkan data keluarga miskin. Bagi keluarga miskin yang memenuhi persyaratan administrasi dapat menerima bantuan tersebut," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang  Surjadi menyatakan data penerima bantuan pemerintah melalui PSKS tidak akurat sehingga berpotensi menimbulkan permasalahan.

Data keluarga miskin yang digunakan berasal dari data kependudukan tahun 2011.

"Data itu sudah empat tahun, itu yang kami keluhan, karena kondisi keluarga pasti ada yang berubah," katanya.

Dia mengatakan Pemerintah Kota Tanjungpinang tidak dilibatkan dalam penyaluran bantuan tersebut, namun tetap pengirim pendamping Program Keluarga Harapan untuk mengawasinya.

Bantuan tersebut disalurkan langsung PT Pos Indonesia kepada warga berdasarkan data keluarga kurang mampu tahun 2011. Sementara pada 2011 sampai terjadi perubahan perekonomian keluarga.

"Kalau beberapa tahun lalu kurang mampu, mungkin sekarang sudah mampu, atau sebaliknya. Nah, kondisi ini yang seharusnya diperhatikan sehingga program kompensasi kenaikan harga BBM itu tepat sasaran," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE