Tantowi: Golkar Persilahkan Daerah Mulai Penjaringan Calon

id Tantowi,Golkar,Daerah,Penjaringan,Calon,gubernur,pilkada,kepri,batam

Batam (Antara Kepri) - Ketua DPP Partai Golkar Tantowi Yahya mempersilahkan DPD tingkat I dan II untuk memulai penjaringan calon kepala daerah, tanpa harus menunggu selesainya konflik internal di partai itu.

"Penjaringan itu wewenang di tingkat bawah. Kami menyerahkan ke kepengurusan partai untuk memulai penjaringan," kata Tantowi Yahya di Batam, Kepulauan Riau, Kamis.

Ia mengatakan penjaringan sudah bisa dimulai sambil menunggu hasil MA. Harapannya, penjaringan selesai bersamaan dengan selesainya konflik internal.

Dengan begitu, maka hasil penjaringan bisa langsung didaftarkan ke KPU untuk diikutkan dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2015.

Ia optimis, masalah Partai Golkar akan selesai sebelum batas waktu pendaftaran calon kepala daerah.

"Pendaftaran itu pertengahan Juli. Sedangkan hasil dari PN Jakarta Utara, sudah keluar 45 hari dari sekarang," kata dia.

Ia juga optimis PN Jakarta Utara akan memenangkan kepengurusan Partai Golkar kubu Munas Bali. Apalagi, putusan sela dimenangkan Golkar Munas Bali, kata dia.

Terpisah, Ketua DPD II Partai Golkar Kota Batam Zainal Abidin mengatakan pihaknya sudah melakukan penjaringan sejak beberapa waktu lalu, sesuai dengan petunjuk DPP.

"Itu sudah kami laksanakan, sesuai dengan perintah partai," kata dia.

Penjaringan dilakukan melalui Sidang Pleno Diperluas, untuk menentukan 10 orang calon kepala daerah dari internal partai yang akan diusung dalam Pilkada Serentak 2015.

"Itu sudah selesai, yang 10 itu termasuk saya, Asmin Patros, Rizky Faisal, Taba Iskandar dan beberapa kader yang lain," kata dia.

Sepuluh orang itu, kemudian diajukan ke DPD I Partai Golkar untuk kemudian dikerucutkan menjadi lima orang calon kepala daerah.

"Itu bisa berkurang. Provinsi akan menggodok," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE