Tiga Kelurahan Batam Masuk Program Sekaya Maritim

id Kelurahan,Batam,Program,Sekaya,Maritim

Batam (Antara Kepri) - Tiga kelurahan di Kota Batam Kepulauan Riau masuk dalam program Kementerian Kelautan Perikanan RI, Seribu Kampung Nelayan Mandiri, Tangguh, Indah dan Maju atau yang disingkat Sekaya Maritim.

"Ada tiga pulau yang masuk Sekaya Maritim, yaitu Kelurahan Pantai Gelam, Kelurahan Batu Legong dan Kelurahan Temoyong," kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan Kota Batam Suhartini di Batam, Jumat.

Ketiga kelurahan itu terletak di Kecamatan Bulang yang memang merupakan Kampung Nelayan, dengan mayoritas penduduk berpenghasilan mencari ikan, sehingga dipilih pemerintah masuk dalam program Sekaya Maritim.

Kecamatan Bulang sendiri terdiri dari puluhan pulau-pulau kecil.

Program tersebut sengaja dibuat pemerintah untuk memajukan kesejahteraan melalui usaha nelayan kecil, dengan percepatan pembangunan infrastruktur.

"Dengan program itu, maka akan dibangun jalan dan gedung pertemuan," kata Suhartini.

Suhartini menyatakan Kementerian Perikanan dan Kelautan memang memberikan perhatian lebih kepada Batam, karena koperasi usaha bersama yang dijalankan nelayan di kota itu relatif berhasil.

Selain memasukkan tiga kelurahan dalam program nasional, KKP juga memberikan bantuan empat unit kapal bermesin 10 gross ton dan perlengkapan menangkap ikan lainnya kepada nelayan setempat.

Nelayan Batam juga menerima bantuan mesin tempel 15 pk untuk kapal, GPS, jala, jaring tenggiri, jaring bawal, jaring udang, jaring karang, kawat bubu, benih ikan, pakan ikan dan alat pengolahan.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Gellwyn Jusuf sasaran utama pelaksanaan program itu adalah untuk menanggulangi kemiskinan masyarakat nelayan melalui peningkatan kualitas hidup.

Program ini juga bertujuan untuk mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 15 tahun 2011 tentang Perlindungan Nelayan.

Kedepannya melalui program ini taraf hidup nelayan bisa lebih baik lagi minimalnya dalam garis sejahtera. Selama ini nelayan masih mengalami kendala dalam berbagai hal, sehingga memperlambat kesejahteraannya.

"Negara kita merupakan negara maritim yang sumber daya lautnya melimpah, seharusnya seluruh nelayan bisa sejahtera. Maka dari itu dengan berbagai untuk nelayan yang salah satunya program Seribu Kampung nelayan ini bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi mereka," tambahnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE