Curanmor Menjadi Kasus Terbanyak di Kepri

id Curanmor,Kasus,Terbanyak,polda,batam,Kepri,pencurian,kendaraan,bermotor

Batam (Antara Kepri) - Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Arman Depari mengatakan sepanjang triwulan pertama 2015 pencurian kendaraan bermotor menjadi kasus terbanyak di Kepri dibanding kasus pencurian lain.

"Tiga bulan pertama ada 203 kasus pencurian kendaraan bermotor yang terjadi di seluruh Kepri. Sementara kasus pencurian dengan pemberatan sebanyak 74 laporan, dan 84 kasus pencurian dengan kekerasan," kata Kapolda Kepri di Batam, Jumat.

Melihat populasi penduduk dan jumlah kendaraan yang ada, kasus terbesar masih terjadi di wilayah hukum Polresta Barelang Kota Batam.

"Saya tekankan pada seluruh jajaran polres-polres dan polsek-polsek meningkatkan patroli Kabtibmas diwilayah masing-masing. Agar kasus tersebut bisa ditekan seminimal mungkin," kata dia.

Berdasarkan data yang masuk dari seluruh wilayah, kata dia, dari 74 kasus pencurian dengan pemberatan yang terselesaikan baru 30 perkara, sedangkan kasus pencurian dengan kekerasan jumlah tindak pidananya 48 kasus dan terselesaikan 25 kasus.

"Untuk kasus pencurian kendaraan bermotor baru 48 kasus terselesaikan dari 203 perkara. Kami menekankan akan seluruh jajaran menyelesaikan kasus tersebut dengan penelusuran seluruh jaringannya," kata Arman.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono mengimbau pada masyarakat agar lebih peduli dan hati-hati saat memarkirkan kendaraannya baik di rumah, tempat keramaian atau dijalan agar terhindar dari kasus pencurian.

"Kami mengimbau seluruh masyarakat dari pemilik kendaraan, pengelola parkir, pengamanan lingkungan agar lebih berperan aktif agar kasus tersebut bisa ditekan. Karena tidak mungkin polisi bisa mengamankan seluruh wilayah tanpa peran serta masyarakat," kata dia.

Hartono mengatakan, jajaran satuan shabara yang ada dipolres maupun polsek-polsek juga harus meningkatkan patroli kamtibmas didaerah-daerah yang dianggap rawan kejahatan curanmor, curat dan curas.

Selain itu terhadap direktorat lalulintas juga memiliki peran penting terutama dalam mengelar razia ditempat-tempat yang sering terjadi pencurian kendaraan bermotor agar masyarakat tidak cemas.

"Semua pihak diminta berperan agar kasus pencurian dan kejahatan lain bisa ditekan. Karena itu sudah menjadi atensi dari Kapolda Kepri," kata Hartono. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE