Gubernur: Belum Semua Kampung Tua Bebas UWTO

id Gubernur,lahan,kepri,Kampung,Tua,Bebas,UWTO,uang,wajib,tahunan,otorita,batam

Batam (Antara Kepri) - Belum semua lahan di Kampung Tua di Kota Batam dibebaskan dari kewajiban membayar Uang Wajib Tahunan Otorita, kata Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani di Batam Kepri, Selasa.

Kementerian Keuangan menetapkan hanya lahan dengan luas 15 x 10 meter persegi saja yang bebas Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO) sebagai uang sewa lahan per 30 tahun yang dibayarkan ke Badan Pengusahaan Batam.

"Kalau lebih dari itu, harus bayar UWTO. Misalnya, lahan 500 meter persegi maka yang 350 meter per segi harus bayar UWTO," kata Gubernur.

Ia mengatakan bahwa dirinya bersama Pemkot Batam dan BP Kawasan Batam berupaya agar seluruh lahan Kampung Tua bebas UWTO sebagai penghargaan kepada masyarakat yang tinggal di Batam sejak pulau itu belum mendapat sentuhan Otorita Batam (kini bernama BP Kawasan Batam).

"Masih diusahakan agar semua bebas UWTO. Kami dukung Kampung tua bebas UWTO," kata Gubernur.

Selain ketentuan luas lahan, lanjut dia, nantinya juga akan diatur ketentuan lainnya. Misalnya, warga Kampung Tua yang mendapatkan keistimewaan bila sudah tinggal di Batam selama beberapa tahun.

"Nanti itu diatur wali kota," kata Gubernur.

Ia juga memastikan pada bulan ini BP Kawasan Batam akan menerbitkan PL untuk Kampung Tua tertentu.

"Bulan ini langkah maju. Sudah ada PL yang diserahkan ke Kampung Tua," kata dia.

Setelah PL turun, kata Gubernur, akan diurus kembali untuk penerbitan sertifikat.

Sebelumnya, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan memastikan sertifikat hak pengguna lahan (HPL) Kampung Tua langsung atas nama pemilik lahan, bukan atas nama pemerintah daerah.

"Langsung ke pemilik lahan, tidak melalui pemerintah daerah," katanya.

Jika sertifikat sudah disetujui, menurut dia, tiap masyarakat yang memiliki lahan Kampung Tua memiliki HPL sendiri-sendiri, tidak seperti HPL perumahan di Batam, yang masih ada satu HPL untuk seluruh perumahan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE