Kepri Butuh Banyak Kapal Kargo

id Kepri,Butuh,Kapal,tol,laut,Kargo

Batam (Antara Kepri) - Provinsi Kepulauan Riau membutuhkan banyak kapal roro untuk melayani transportasi masyarakat dan barang antarapulau dan antarprovinsi guna menyukseskan program tol laut.

Gubernur Kepri Muhammad Sani di Batam, Selasa, mengatakan saat ini pemerintah sudah menambah operasional beberapa kapal roro yang melayari hingga ke Tanjungpinang, Natuna dan Karimun, namun itu masih kurang.

"Kami harapkan ada roro dari Natuna ke Pontianak di Kalimantan, ini dibutuhkan untuk menjawab persoalan konektivitas," kata Gubernur.

Selain itu, Kepri juga membutuhkan roro yang menghubungkan pulau-pulau di Kepri dengan Pulau Sumatera. Bila itu sudah ada, pulau-pulau di Kepri bisa terhubungkan ke seluruh Indonesia.

Roro dibutuhkan untuk membawa barang kebutuhan pangan dan sandang masyarakat Kepri dari dan ke Kalimantan dan Sumatera.

Selama ini, warga Kepri, terutama Batam sangat bergantung dengan pasokan bahan pangan dari Negeri Jiran, karena sulitnya pelayaran ke daerah lain di Indonesia. Sedangkan masyarakat di Natuna, bergantung pada pasokan dari Tanjungpinang dan Batam.

Jika roro ke Kalimantan dan Sumatera dibuka, maka warga Natuna, Batam dan daerah lain bisa memperoleh pasokan dari dua pulau besar itu.

Apalagi, jarak Natuna-Kalimantan relatif lebih dekat bila dibandingkan Natuna-Batam.

Gubernur mengatakan pemerintah provinsi memang memprioritaskan konektivitas antar pulau yang baik.

"Kalau transportasi lancar, lalu lintas orang, barang dan uang akan berjalan secara baik. Kalau baik, tentu merupakan ukuran meningkatkan kesejahteraan," kata Gubernur.

Ia bermimpi, nantinya seluruh pulau di Kepri bisa terhubung dengan jembatan, sampai ke pulau-pulau besar di Indonesia.

"Itu mimpi 10-30 tahun lagi, konsep merangkai pulau. Tapi sekarang dengan kapal roro. Dari Batam sampai ke Tanjung Balai, Tanjung Batu, Batam-Bintan," kata Gubernur. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE