Perempuan Kepri Lakukan Deteksi Dini Kanker Rahim

id Perempuan,Riau,Lakukan,iva,Deteksi,Dini,Kanker,Rahim

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Sebanyak 626 orang perempuan yang tinggal di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan pemeriksaan melalui metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk deteksi dini kanker leher rahim.

"Pemeriksaan diharapkan di atas target, tetapi yang terpenting upaya pencegahan dapat tersosialisasi secara maksimal dan dapat mendorong masyarakat untuk melakukan deteksi dini melalui tes IVA," kata Ketua PKK Kepri Aisyah Sani saat Acara Pencanangan Progran Nasional Percepatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan Indonesia 2015-2019 di Tanjungpinang, Selasa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di seluruh provinsi di Indonesia pada hari Selasa (21/4) yang bertepatan dengan peringatan Hari Kartini dan diharapkan hasilnya akan dapat dievaluasi pada 2 Desember 2015.

Gerakan percepatan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini kanker diselenggarakan untuk menghindari resiko perempuan terkena kanker leher rahim.

Saat ini, berdasarkan data, setiap satu jam perempuan meninggal dunia akibat kanker leher rahim.

"Kondisi ini memprihatinkan," kata Aisyah.

Dia menjelaskan kanker leher rahim merupakan sel-sel yang tumbuh tidak normal pada leher rahim.

Leher rahim atau serviks terletak di bagian ujung bawah rahim.

"Setiap perempuan berisiko terinfeksi kanker tersebut. Perlu deteksi dini dan pencegahan. Jangan dibiarkan menjadi ganas," ujar Aisyah.

Istri dari Gubernur Kepri HM Sani itu mengimbau perempuan di Kepri tidak segan-segan memeriksa kesehatan diri.

Mereka harus secara rutin memeriksa kesehatannya agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

"Perempuan Kepri harus belajar dan mempertahankan pola hidup sehat," ucapnya.

Menurut dia, perempuan dapat mencegah penyakit tersebut dengan menghindari hubungan seks di usia muda, hindari berganti-ganti pasangan seks dan hindari hubungan seks dengan pria yang sering berganti pasangan.

"Jangan merokok dan hindari asap rokok, jagalah kebersihan kelamin," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE