Calon Haji Anambas 11 Orang

id Calon,Haji,Anambas,jemaah

Calon Haji Anambas 11 Orang

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas, H Syamsul Tarmizi (antarakepri.com/Radja)

Anambas (Antara Kepri)- Kepala Kementreian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepulauan Anambas, H.Syamsul Tarmizi diwakili H. Edi Batara menyebutkan, jemaah calon haji (JCH) yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah musim haji 2015/1436 hijriyah sebanyak sebelas orang.

"Untuk JCH Anambas tahun ini 11 jiwa sedangkan jumlah antrean diperkirakan mencapai 350 jiwa hingga tahun 2028," ungkap H.Edi Batara di Kantor Kemenag Kepulauan Anambas, Tarempa, Selasa.

Menurut rilis Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1436 H/2015 M yang diterima Antara, JCH masuk pada gelombang pertama maka akan diberangkatkan pada tanggal 21 Agustus 2013/06 Dzulqaidah 1436, ini merupakan awal keberangkatan JCH ke Madinah. 

Berdasarkan petunjuk Kementerian Agama, Calon Haji yang diberangkatkan pada tahun ini terutamanya mereka yang belum berhaji atau disebut jemaah wajib, sedangkan jemaah yang sudah haji atau jemaah sunnah ditunda. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum haji dan mengatur antrean yang sudah cukup banyak.

"Ketentuan itu sudah berlaku yang jelas sistemnya bagi orang-orang sudah naik haji tetap mengikuti nomor sesuai dengan urutan porsinya pada saat mendaftar, tetapi pada saat pelunasan nanti dikensel dulu namanya, diberi kesempatan kepada yang belum haji itu melunasi, seandainya lunas semua maka terkensellah, tetapi seandainya ada yang tidak melunasi maka dia masuk lagi," jelas Edi Batara.

Namun tidak berarti yang sudah haji tidak bisa berangkat, akan tetapi ditunda sementara karena mendahulukan mereka yang belum pernah beribadah di Tanah Suci. Masyarakat pendaftar haji tidak perlu kuatir dengan kondisi antrean ini karena jika sudah panggilan Allah SWT maka semuanya akan dimudahkan untuk menuju Tanah Suci.

Mengenai Ongkos Naik Haji juga masih menunggu keputusan resmi pemerintah, dan sejauh ini berbagai tahapan musim haji sudah berjalan sesuai jadwal.  (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE