BMKG: Asap Bengkalis Tidak Pengaruhi Udara Kepri

id BMKG,kabut,Asap,Bengkalis,Pengaruh,Udara,Kepri,kebakaran,lahan,meranti

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang memastikan asap tebal yang menyelimuti udara Bengkalis, Riau tidak masuk ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Berdasarkan pantauan kami, arah angin justru dari Bengkalis bergerak ke Pekan Baru, bukan ke Kepri," ujar Prakirawan BMKG Kota Tanjungpinang Ardhito di Tanjungpinang, Selasa.

Saat ini, lanjutnya angin di Kepri berasal dari barat laut. Angin tersebut bergerak ke selatan.

"Untuk di Kepri, anginnya masih variabel dari barat laut ke selatan sehingga angin bertiup dari Bengkalis tak sampai masuk ke Kepri," jelasnya.

BMKG Kota Tanjungpinang mengimbau masyarakat Kepri tidak khawatir terhadap asap tebal yang menyelimuti ruang udara Bengkalis. "Arah angin tidak memungkinkan asap dari Bengkalis bergerak ke Kepri," katanya.

Antara di Bengkalis melaporkan, asap tebal akibat kebakaran lahan dan hutan menyelimuti daerah tersebut dan sekitarnya sejak Senin malam (20/4).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkalis M Jalal mengatakan kabut asap itu berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, yang berdekatan dengan Bengkalis.

"Kabut asap ini sudah terjadi sejak malam, dikarenakan tidak ada hujan, makanya kabut asap terjadi di wilayah Bengkalis," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE