Pejabat BP Batam Jalani Assessment Pemetaan Kompetisi

id Pejabat,BP,Batam,Jalan,Assessment,Pemetaan,Kompetisi,potensi,personel

Pejabat BP Batam Jalani Assessment Pemetaan Kompetisi

Pejabat Tingkat III dan IV di lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Biro Kepegawaian BP Batam menyelenggarakan assessment yang diikuti oleh 45 orang peserta di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes), Tan

Batam (Antara Kepri) - Biro Kepegawaian Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan atau BP Batam menyelenggarakan assessment terhadap 45 pejabat tingkat III dan IV sebagai dasar pemetaan berdasarkan kompetensi dan potensi personel.

"Hasil assesment nantinya akan kami jadikan bahan pertimbangan dan catatan untuk promosi jabatan," kata Kepala Biro Kepegawaian BP Batam, Asep Lili Holilulloh di Batam, Kamis.

Assessment atau penilaian/pengkajian tersebut, kata dia, diselenggarakan bekerja sama dengan Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) Lembaga Administrasi Negara.

Dalam birokrasi pemerintahan, kata dia, sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen penting sebagai penggerak visi dan misi program kerja pemerintah.

"Oleh karena itulah, perlu adanya program sistematis yang terencana dan terpola agar program kerja yang direncanakan dapat terlaksana secara optimal," kata dia.

Nantinya, kata dia, peserta assessment akan menerima rapor yang akan dijadikan bahan pertimbangan bagi Biro Kepegawaian BP Batam untuk pemetaan struktur dalam pelaksanaan program kerja berdasarkan potensi dan kompetensi yang dimiliki oleh para peserta.

"Aspek penilaian itu sendiri adalah dari sisi inteligensi atau kecerdasan menyangkut sikap kerja, emosi, dan interaksi," kata dia.

Narasumber dari Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) Lembaga Administrasi Negara, Euis, menjelaskan bahwa materi assessment yang diselenggarakan selama dua hari ini di antaranya terbagi atas dua jenis, yaitu untuk pejabat tingkat IV dan pejabat tingkat III.

"Untuk pejabat tingkat IV, akan menerima materi tes psikologi, simulasi in tray, wawancara, dan Leader Group Discussion (LGD). Sedangkan bagi pejabat tingkat III materi yang akan diterima adalah tes psikologi, simulasi problem analisis, wawancara, dan Leader Group Discussion (LGD)," ujar Euis.

Assessment, kata dia, memang perlu dilaksanakan terhadap setiap pejabat agar saat ditempatkan dalam sebuah posisi bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang seharusnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE