BI Dorong Pembelian Tiket Roro Gunakan e-Money

id BI,bank,Dorong,Pembelian,Tiket,Roro,kapal,penyeberangan,perusahaan,pelayaran,batam,kepri,e-Money

Batam (Antara Kepri) - Bank Indonesia menggandeng ASDP dan perusahaan pelayaran akan menerapkan e-money untuk pembelian tiket kapal roro antarpulau di Kepulauan Riau, mulai Agustus 2015.

"Tiket menyeberang pakai 'e-money', empat bulan ke depan mulai jalan," kata Kepala Kantor BI Kepulauan Riau Gusti Raizal Eka Putra usai menandatangani Nota Kesepahaman antara BI dan ASDP di Batam, Kamis.

Setelah kapal roro, selanjutnya BI akan mendorong penggunaan e-money untuk pembayaran transaksi di pelabuhan yang lain.

"Kami lakukan bertahap. Harapannya nanti dilaksanakan di semua pelabuhan. Setelah Roro, selanjutnya di Pelabuhan Punggur, yang saat ini masih direnovasi," kata dia.

Setelah pelabuhan Roro dan Pelabuhan Punggur, rencananya BI juga akan menggandeng Pelabuhan Internasional Hang Nadim Batam untuk menerapkan transaksi nontunai.

BI terus mendorong penggunaan e-money atau transaksi nontunai di semua transaksi perdagangan di Kota Batam.

"Kita berada di seberang Singapura yang transaksinya banyak menggunakan nontunai. Makanya kami ingin Batam juga banyak menggunakan transaksi nontunai," kata Gusti.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bertransaksi menggunakan nontunai, karena berdasarkan kajian-kajian yang dilakukan BI, transaksi menggunakan nontunai meningkatkan efesiensi.

Transaksi nontunai juga dapat meningkatkan keamanan saat melakukan transaksi pembayaran, termasuk mengurangi risiko perampokan.

Transaksi pembayaran nontunai juga dapat mendorong agar sistem keuangan di Indonesia semakin baik, aman, dan semakin stabil.

Gusti juga percaya, transaksi nontunai dapat mendukung upaya pencegahan korupsi, pencucian uang, peredaran uang palsu, dan pembiayaan terorisme.

"Kegiatan ekonomi tercatat dengan baik, menutup peluang tindak pidana, melawan hukum, sogok menyogok," kata dia.

BI Kepri menggelar kampanye transaksi non tunai hingga 3 Mei 2015. Dan pada 24 Mei 2015, BI menggelar acara sosialisasi yang melibatkan ribuan masyarakat dengan berbagai hiburan di Dataran Engku Putri. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE