Beras Miskin 1.100 Ton Didistribusikan ke Natuna

id Beras,Miskin,distribusi,Natuna,raskin,bulog,tanjungpinang

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Beras untuk masyarakat miskin Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, didistribusikan dari Dumai, kata Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivisi Regional Tanjungpinang Edi Hanif.

"Saat ini kapal yang mengangkut beras tersebut diperkirakan berada di Tanjung Balai Karimun. Dalam beberapa hari ini jika tidak ada halangan sampai di Natuna," katanya di Kantor Bulog Tanjungpinang.

Dia menjelaskan beras untuk masyarakat kurang mampu itu akan dibagi ke dua pulau yakni Ranai seberat 500 ton dan Sedanau 600 ton. Pembagian beras itu disesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara penerima beras tersebut sebanyak 1.539 rumah tangga sasaran. Setiap rumah tangga sasaran hanya berhak membeli beras seberat 15 kg dalam setiap bulan. Harga 1 kg beras yang dijual Bulog kepada Pemerintah Natuna Rp1.600 per kg.

Data rumah tangga sasaran bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011 melalui Pendataan Program Perlindungan Sosial.

"Bulog sudah memiliki pagu beras miskin untuk Natuna pada tahun 2015 seberat 23.085 kg. Tahun lalu pagunya juga seperti itu," ujarnya.

Edi mengemukakan Bulog mendistribusikan beras miskin sampai pada titik distribusi yang disetujui Pemerintah Natuna dan Bulog. Titik distribusi itu merupakan tempat pembongkaran beras tersebut.

"Kalau di kota, titik distribusi di kelurahan. Sementara di pulau-pulau titik distribusikan di kecamatan," katanya.

Dia menegaskan beras miskin tidak dapat dibeli oleh masyarakat yang tidak terdaftar sebagai rumah tangga sasaran. Karena itu, tidak mungkin beras tersebut dititipkan oleh keluarga yang mampu untuk membeli beras tersebut.

"Harga dan jatah beras untuk satu rumah tangga sasaran sudah jelas," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE