LSI: Soerya Unggul dalam Pilgub Kepri 2015

id LSI,Soerya,Unggul,sani,dahlan,Pilgub,Kepri,pdip,2015,survei,pemilihan,gubernur,pilkada

Batam (Antara Kepri) - Hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia bersama Lembaga Survei Kebijakan Publik menyatakan elektabilitas kandidat gubernur Soerya Respationo mengungguli tiga kandidat lainnya yaitu Muhammad Sani, Ansar Ahmad dan Ahmad Dahlan.

"Elektabilitas Soerya mencapai 24,5 persen, sementara gubernur petahana Muhammad Sani harus puas menduduki posisi kedua dengan 16,8 persen," kata Direktur Lembaga Survei Kebijakan Publik Sunarto Ciptiharjono dalam rilis di Batam Kepulauan Riau, Minggu.

Sedangkan Bupati Bintan Ansar Ahmad menempati urutan ke tiga dengan 10,7 persen dan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan di nomor empat dengan 10,5 persen.

"Sementara 18,7 persen secara kumulatif didapatkan dari lima nama kandidat lainnya," kata dia.

Sebanyak 18,9 persen responden menyatakan tidak tahu, tidak jawab, ragu-ragu atau belum menentukan pilihan.

Sunarto mengatakan pengumpulan data dilakukan pada Maret hingga April 2015 dengan melakukan metoda wawancara tatap muka menggunakan kuisioner pada responden yang tersebar di seluruh kabupaten kota se-Kepri.

Metode yang dilakukan adalah sampel acak bertingkat dengan margin eror 4,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Masih berdasarkan survei, suara Soerya banyak didapat dari Kota Batam, kota dengan populasi penduduk terbanyak di Kepri. Sedangkan di Kota Tanjungpinang, suara Soerya sejajar dengan Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad juga menguasai suara di Bintan dan Lingga.

Sedang Muhammad Sani mayoritas dipilih warga Karimun, Kepulauan Anambas dan Natuna.

"Menariknya, kandidat didukung penuh dari suku dari mana berasal. Misalnya Soerya Respationo paling banyak dipilih suku Jawa, Muhammad Sani paling banyak dipilih suku Melayu," kata dia.

Lebih dari itu, Soerya juga paling banyak dipilih suku Batak, Minangkabau, Sunda, Indonesia Timur, Tionghoa dan lain-lain.

"Pilgub ini juga membuktikan sejauh mana mesin politik berperan secara efektif," kata dia.

Survei LSI dan LSKP juga menggambarkan pendukung partai akar rumput dari masing-masing kandidat. Soerya banyak didukung PDIP, PKS, PKB, PPP dan PKPI. Sedangkan Muhammad Sani dari Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN dan Hanura.

Ahmad Dahlan dipilih Partai Nasdem dan Ansar Ahmad dipilih Partai Golkar.

Sementara itu, secara resmi, belum ada partai yang menyatakan dukungan kepada keempat calon itu. Meskipun tiga dari empat kader itu adalah ketua partai, yaitu Soerya Ketua PDIP Kepri, Ansar Ketua Partai Golkar Kepri dan Ahmad Dahlan Ketua Partai Demokrat Batam.  (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE