Kepri Usulkan Beberapa Komisaris di Bank Riau-Kepri

id Kepri,rups,saham,batam,Komisaris,Bank,Riau,Kepri

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengusulkan beberapa nama untuk menduduki jabatan komisaris di bank pembangunan daerah PT Bank Riau-Kepri sebagai representasi Pemprov Kepri di BPD Riau dan Kepri itu.

"Ada beberapa calon-calon. Daeri Kepri diusulkan komisaris independen, dari generasi muda," kata Gubernur Kepri Muhammad Sani.

Ia mengatakan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Bank Riau-Kepri di Batam, pekan lalu, ada beberapa hal yang belum selesai, termasuk penetapan komisaris.

Pemprov Kepri tidak sembarangan memilih orang yang diajukan duduk dalam jajaran komisaris Bank Riau-Kepri, karena harus memenuhi persyaratan yang tertuang dalam aturan internal bank itu.

"Tidak boleh dari Pemprov. Calonnya harus memiliki ilmu perbankan, tidak main-main," kata Gubernur.

Pemprov Kepri mengajukan calon komisaris antara lain Taufik, yang memang berdomisili di Provinsi Riau.

Gubernur mengaku tidak mengikuti RUPS Bank Riau-Kepri hingga selesai, namun mendapatkan laporan lengkap dari birokrat yang mewakilinya.

Selain mengajukan nama calon komisaris, Pemprov Kepri juga meminta agar Bank Riau-Kepri membuka kantor perwakilan di pulau-pulau demi melayani masyarakat pesisir.

"Usulan sudah disetujui untuk Pulau Midai dan Pulau Serasan. Kami mengusulkan lagi kedai bank, tapi masih diperlukan kajian," kata Gubernur.

Ia mengatakan pembangunan Kedai Bank itu untuk membantu ekonomi masyarakat pesisir yang kini masih belum tersentuh bank.

Keberadaan bank di pulau-pulau juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas pelaku usaha kecil menengah.

"Pelayanan nasbabah perlu ditingkatkan, jemput bola. Kadang masyarakat pulau yang datang ke kota, tapi, tidak ada salahnya diadakan turun ke bawah," ujar Gubernur.

Ia mengatakan Pemprov Kepri tidak menambah modal di Bank Riau-Kepri pada tahun ini karena harus berkonsentrasi pada rencana pembangunan Bank Kepri, namun pihaknya terus memonitor kinerja bank itu.

Hingga saat ini, Pemprov Kepri telah menanamkan dana Rp25 miliar. Itu di luar penyertaan modal dari kabupaten kota di Kepri. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE