Pembahasan Dana Pilgub di Tanjungpinang Belum Rampung

id Pembahasan,Dana,Pilgub,Tanjungpinang,anggaran,pilkada

Pembahasan Dana Pilgub di Tanjungpinang Belum Rampung

Komisi Pemilihan Umum (antaranews.com)

Semula kami mengajukan anggaran sekitar Rp89 miliar. Setelah dilakukan 'sharing' kegiatan dengan KPU kabupaten dan kota, anggaran yang dibutuhkan Rp61,5 miliar
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau belum merampungkan pembahasan kegiatan dan dana untuk penyelenggaraan pemilihan umum gubernur di Kota Tanjungpinang.

"Kami belum mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Pilkada Kepri 9 Desember 2015 di Tanjungpinang, karena masih dibahas oleh tim. Kami menargetkan pekan depan sudah tuntas," kata Komisioner KPU Kepri Marsudi di Batu 10 Tanjungpinang, Sabtu.

Dia menjelaskan Tanjungpinang, satu dari tujuh kabupaten dan kota yang tidak menyelenggarakan pilkada serentak tahun ini. Karena itu, dana Pilkada Kepri 2015 di Tanjungpinang murni menggunakan dana yang bersumber dari APBD Kepri.

"Seluruh kegiatan yang menyangkut pilkada di Tanjungpinang menggunakan APBD Kepri 2015. Kami masih menghitung berapa kebutuhan pilkada di kota itu," ujarnya.

Dana pilkada sudah dapat digunakan pascapenandatanganan naskah perjanjian hibah daerah oleh Gubernur Kepri HM Sani, Ketua KPU Kepri Said Sirajudin, Ketua Bawaslu Kepri Razaki Persada dan Polda Kepri dua hari yang lalu. Dana tersebut ditargetkan disalurkan ke KPU kabupaten dan kota di Kepri pekan depan.

Dana untuk penyelenggaraan pesta demokrasi di Kabupaten Bintan, Natuna, Kepulauan Anambas, Batam, Karimun dan Kabupaten Lingga tidak secara keseluruhan berasal dari Kepri, melainkan dari kabupaten dan kota tersebut. KPU Kepri telah melakukan upaya pencegahan duplikasi anggaran dengan pembahas kegiatan bersama KPU kabupaten dan kota.

Artinya, kegiatan yang dilaksanakan KPU Kepri tidak boleh dianggarkan lagi oleh KPU kabupaten dan kota.

"Semula kami mengajukan anggaran sekitar Rp89 miliar. Setelah dilakukan 'sharing' kegiatan dengan KPU kabupaten dan kota, anggaran yang dibutuhkan Rp61,5 miliar," ujarnya.

Marsudi mengemukakan KPU Kepri menargetkan Senin pekan depan dilakukan rapat pleno pengesahan kegiatan pilkada. Kemudian KPU Kepri akan menyalurkan dana ke KPU kabupaten dan kota sesuai kebutuhan.

"Kami berharap dana pilkada dipergunakan secara maksimal untuk menyukseskan pilkada," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE