Pemkot Bertekad Jadikan Batam Kota Cerdas

id pemkot,batam,bertekad,jadikan,batam,kota,cerdas

Pemkot Bertekad Jadikan Batam Kota Cerdas

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan

"Batam paling siap menuju 'smart city'. Infrastruktur, perekonomian sudah bagus," kata Wali Kota.
Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau bertekad menjadikan daerah itu sebagai Kota Cerdas dengan memperbaiki infrastruktur dan tata kelola lingkungan.
        
"Kami sepakat Batam harus ditetapkan sebagai 'Smart City'," kata Wali Kota Ahmad Dahlan di Batam, Selasa.
        
Ia meminta seluruh Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah untuk mempelajari kriteria Kota Cerdas untuk dapat diterapkan di Batam.
        
Rencananya, Pemkot Batam juga akan bekerja sama dengan pemerintah Yokohama untuk menerapkan Kota Cerdas.
        
Dengan kerja sama itu, maka pemerintah Yokohama akan memberikan bantuan infrastruktur pengembangan teknologi, alih teknologi dan pengembangan kota hijau.
        
Wali Kota mengklaim kotanya paling siap menjadi kota cerdas dibandingkan dengan kota lain di Indonesia karena sudah didukung infrastruktur yang berteknologi tinggi.
        
"Batam paling siap menuju 'smart city'. Infrastruktur, perekonomian sudah bagus," kata Wali Kota.
        
Wali Kota mengatakan penerapan informasi komunikasi teknologi di kota di seberang Singapura itu relatif baik di semua lini kehidupan masyarakat.
        
Bahkan, Batam sudah dicanangkan sebagai pulau digital.
        
Infrastruktur dan penataan kota juga sudah terintegrasi, mengikuti kebutuhan masyarakat perkotaan yang ramah lingkungan sehingga nyaman untuk ditinggali dan dijadikan tempat untuk berinvestasi.
        
Pemerintah juga berkomitmen untuk terus memperbaiki infrastruktur yang dibangun bersama pihak terkait lainnya, termasuk swasta, sebagai upaya menciptakan kehidupan yang lebih baik.
        
"Tidak banyak kota yang menyiapkan infrastruktur air bersih dan listrik dengan cadangan yang memadai untuk masa mendatang. Batam saat ini memiliki tujuh waduk untuk penyediaan air bersih, begitu juga ketersediaan aliran listrik bagi industri maupun rumah tangga", kata dia.
        
Selain itu, kata Wali Kota, pertumbuhan ekonomi di Batam juga sangat baik, ini terlihat dari nilai investasi yang ditanamkan perusahaan dalam dan luar negeri.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE