PDIP Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Karimun

id PDIP,Buka,Pendaftaran,Bakal,pilkada,Calon,Bupati,Karimun

PDIP Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Karimun

PDI Perjuangan

Visi dan misi akan dipelajari dan disesuaikan dengan garis perjuangan partai
Karimun (Antara Kepri) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan membuka pendaftaran bakal calon bupati yang akan diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, yang dijadwalkan 9 Desember 2015.

"Pendaftaran bakal calon bupati kita buka hingga Sabtu, 9 Mei 2015," kata Ketua Tim Penjaringan Balon Bupati Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Karimun Firdaus Golkarino di sekretariat DPC PDI Perjuangan Karimun, Tanjung Balai Karimun, Senin.

Firdaus menjelaskan, pendaftaran bakal calon bupati dilaksanakan mengacu pada Surat Keputusan DPP PDI Perjuangan No 031-A/TAP/DPP/V/2011 yang dibuka untuk umum.

"Baik kader partai maupun nonkader kami persilahkan untuk mengambil formulir pendaftaran ke sekretariat DPP PDI Perjuangan di Jalan Ashabu, Tebing," ucapnya.

Dia menuturkan, persyaratan yang harus dilengkapi setiap pendaftar, antara lain melampirkan foto kopi KTP yang dilegalisir, foto kopi kartu keluarga, pas foto 4 x 6 berlatar warna merah sebanyak empat lembar, foto kopi ijazah SD, SMP, SMA sederajat, D3, S1, S2 dan S3. "Khusus untuk ijazah SMA sederajat, menurut dia harus dilegalisir," katanya.

Pendaftar juga harus melampirkan NPWP pribadi, surat keterangan sehat dari dokter, surat kelakuan baik dari kepolisian, surat keterangan pengadilan tidak pernah dijatuhi tindak pidana, berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan ancaman hukuman penjara lima tahun atau lebih.

Kemudian, melampirkan visi dan misi yang akan diusung dan dilaksanakan jika diusung atau terpilih sebagai calon bupati dari PDI Perjuangan.

"Terakhir adalah membuat pakta integritas dan kontrak politik. Pakta integritas dan kontrak politik ini, tidak mesti dilaksanakan saat mengambil atau mengembalikan formulir pencalonan, tetapi dilaksanakan setelah pendaftar resmi kita usung sebagai calon bupati," tuturnya.

Mengenai visi dan misi, lanjut Firdaus, akan menjadi tolok ukur dalam menentukan figur yang akan ditetapkan sebagai calon bupati yang nantinya dibahas dalam rapat kerja cabang khusus (rakercabsus) yang dihadiri oleh seluruh pengurus anak cabang dan DPD PDIP Perjuangan Provinsi Kepri dan DPP.

"Visi dan misi akan dipelajari dan disesuaikan dengan garis perjuangan partai," ucapnya.

Selain membuka pendaftaran bakal calon bupati, ia mengatakan dalam waktu bersamaan juga dibuka pendaftaran bakal calon wakil gubernur yang akan disandingkan dengan Ketua DPD PDIP Kepri Soerya Respationo yang resmi diusung sebagai bakal calon gubernur.

"Untuk bakal calon gubernur tidak kita buka karena kita sudah memutuskan untuk mengusung Soerya, yang kita buka hanya untuk bakal calon wakil gubernur," kata Firdaus Golkarino. (Antara)

Editor: Fredrich C Kuen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE