Wali Kota: Kios Ilegal Dibekingi Oknum Tertentu

id Wali,Kota,batam,Kios,Ilegal,beking,Oknum,Tertentu,median,jalan

Wali Kota: Kios Ilegal Dibekingi Oknum Tertentu

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan (.)

Kebijakannya tetap, tidak boleh ada bangunan di median jalan
Batam (Antara Kepri) - Wali Kota Batam Kepulauan Riau Ahmad Dahlan mengatakan pendirian kios ilegal di median jalan mendapatkan sokongan dari oknum tertentu sehingga pemerintah kesulitan menertibkannya.

"Saya tidak menuduh oknum mana. Tapi, bekingan ada, berdasarkan laporan ke saya. Siapa, belum ada laporan," kata Wali Kota di Batam, Selasa.

Pemerintah tidak akan gentar dengan upaya kelompok tertentu yang memaksakan kios berdiri di lahan yang tidak semestinya.

Pemkot Batam akan tetap melakukan penertiban kios ilegal dengan melibatkan Muspida, termasuk aparat kepolisian. Wali Kota menegaskan kios-kios itu tidak memiliki izin dan harus segera ditertibkan.

"Kebijakannya tetap, tidak boleh ada bangunan di median jalan," kata Wali Kota.

Lahan median jalan yang kini menjadi kios itu sebenarnya hendak digunakan sebagai jalur kereta dan jalur lambat, sesuai rencana awal.

Ia mengatakan sedari awal pembangunan, Otorita Batam telah memikirkan akan membangun beberapa alat transportasi di ruas jalan utama sehingga pemerintah menyiapkan median jalan yang lebar, terutama di jalan-jalan utama.

Wali Kota meminta warga untuk mengosongkan median jalan dari bangunan kios, karena akan dilakukan pembangunan untuk kepentingan transportasi oleh pemerintah.

Sementara, dalam kesempatan itu Wali Kota juga menyebutkan saat ini pemerintah tengah menghadapi tiga tindak ilegal yang marak dilakukan masyarakat, yaitu kios ilegal, pertambangan pasir ilegal dan pembalakkan liar.

"Penertiban ilegal-ilegal, ada tim terpadu yang melaksanakan," kata Wali Kota.

Namun, penertiban selalu sulit dilakukan, karena masyarakat tidak jera. Seperti penghentian tambang pasir, setelah ditertibkan pada siang hari, aktivitas ilegal itu kembali dilakukan masyarakat pada malam hari.

"Kayu juga, mereka beroperasi malam hari," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE