Senator: Kondisi Rumah Sakit di Lingga Menyedihkan

id Senator,Kondisi,haripinto,Rumah,Sakit,Lingga

Senator: Kondisi Rumah Sakit di Lingga Menyedihkan

Haripinto Tanuwidjaya (antarakepri.com/Nikolas Panama)

Di Lingga hanya ada rumah sakit lapangan, kondisinya menyedihkan
Batam (Antara Kepri) - Anggota DPD Daerah Pemilihan Kepulauan Riau, Haripinto menilai kondisi rumah sakit di Kabupaten Lingga, Kepri menyedihkan, karena hanya rumah sakit lapangan di area terbuka dan tanpa perlengkapan medis memadai.

"Di Lingga hanya ada rumah sakit lapangan, kondisinya menyedihkan," kata Haripinto di Batam, Kepri, Senin.

Rumah Sakit yang ada sekarang hanya peninggalan PN Timah yang pernah berjaya di era 1990-an. Pemerintah daerah seolah tidak memberikan perhatian kepada masyarakat.

Rumah sakit terletak di dalam kontainer dengan perlengkapan seadanya.

Karena tidak ada perlengkapan dan peralatan memadai, maka pasien kerap dirujuk ke Kota Batam atau Kota Tanjungpinang agar mendapatkan penanganan lebih baik.

"Saya berulang kali membawa pasien ke Batam, kawan lainnya juga begitu, membawa pasien ke Tanjungpinang. Kami bergantian saja," kata Haripinto.

Ia berharap pemerintah daerah segera memberikan perhatian pada kesehatan warga, dengan membangun rumah sakit lebih memadai.

Selain kondisi rumah sakit yang menyedihkan, dia menilai kondisi kabupaten dengan banyak pulau itu juga relatif memprihatinkan.

"Tidak ada air, tidak ada listrik," kata dia.

Dibanding kabupaten kota lainnya di Kepri, Lingga relatif tertinggal, karena potensinya belum tergarap.

Di Kepri terdapat tujuh kabupaten kota. Dia menjabarkan, Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Karimun memiliki keunggulan dengan penerapan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. Kemudian, Kabupaten Natuna dan Kepulauan Anambas unggul dari sektor minyak dan gas bumi dengan banyaknya sumur gas dan pusat eksplorasi di dua kabupaten itu. Sedangkan Lingga, potensinya belum tergarap.

Padahal, Lingga memiliki potensi maritim yang sangat bagus, dengan ikan dan pariwisata bahari yang indah.

"Potensi Lingga sebenarnya bagus sekali, ikannya banyak. Saya harap ini dapat segera digarap pemerintah," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE