Kafilah Karimun Juara STQ Diarak Keliling Kota

id Kafilah,Karimun,Juara,STQ,arak,Keliling,Kota,quran,natuna,kepri

Kafilah Karimun Juara STQ Diarak Keliling Kota

Anggota Satpol PP mengawal arak-arakan kafilah Kabupaten Karimun mengelilingi Tanjung Balai Karimun, Senin (18/5). Kafilah Karimun meraih juara umum dalam STQ VI tingkat Provinsi Kepri di Ranai, Natuna yang ditutup pada Sabtu (15/5) malam. (antarakep

Mereka kita arak keliling kota agar masyarakat dapat melihat bahwa inilah buah dari kerja keras dan peran serta segenap lapisan masyarakat
Karimun (Antara Kepri) - Kafilah Kabupaten Karimun yang meraih juara umum Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VI tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Ranai, Kabupaten Natuna, diarak keliling kota Tanjung Balai Karimun, Senin.

Kafilah Karimun yang dipimpin Bupati Karimun Nurdin Basirun diarak keliling kota bersama piala bergilir STQ setibanya di pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

STQ VI tingkat Provinsi Kepri resmi ditutup Wakil Gubernur Soerya Respationo di Masjid Agung Natuna, Sabtu (16/5).

Kafilah Karimun yang terdiri atas 25 qori dan qoriah diarak dengan menumpang bus pemda dikawal Satpol PP usai jamuan makan siang di kediaman dinas bupati. Mereka diarak melintasi ruas jalan utama di empat kecamatan Pulau Karimun Besar.

"Mereka kita arak keliling kota agar masyarakat dapat melihat bahwa inilah buah dari kerja keras dan peran serta segenap lapisan masyarakat," kata Bupati Nurdin.

Nurdin mengatakan, keberhasilan kafilah Karimun tidak terlepas dari proaktif masyarakat dalam menyukseskan program pembinaan bidang keagamaan yang menjadi salah satu program pemerintah daerah.

"Piala bergilir sebagai juara umum merupakan yang ketiga kalinya kita raih secara berturut-turut. Ini prestasi membanggakan, seperti yang sebelumnya, pemerintah daerah akan memberikan apresiasi berupa uang pembinaan dan penghargaan," tutur dia.  

Ia mengatakan, pengembangan dan pengamalan al Quran terus didorong melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ). "Prestasi dalam ajang STQ hendaknya menjadi momentum bagi kita dalam menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam al Quran," kata dia.

Kepala Bagian Humas Setkab Karimun Muhammad Yosli mengatakan, Kafilah Karimun meraih juara umum dengan nilai 45, sedangkan juara II Kota Batam nilai 35, dan juara III Kota Tanjungpinang nilai 27.

Juara IV diraih Kabupaten Natuna dengan nilai 19, peringkat V diraih Kabupaten Bintan dengan perolehan nilai 13, peringkat VI diraih Kabupaten Anambas dengan nilai 4 dan Kabupaten  Lingga dengan nilai 1 pada peringkat VII.

Ia juga menjelaskan dari 25 qori dan qoriah yang mengikuti ajang tersebut, 16 orang meraih juara, antara lain Zakat meraih juara 2 cabang tilawah anak-anak putra, Sri Lestari juara 1 tilawah anak-anak putri, Fikri juara 3 tilawah dewasa putra, Marhamah juara 1 tilawah dewasa putri, Setio juara 3 tahidz putra 1 jus, Desi juara 2 cabang tahfidz putri, Ismatullah juara 2 tahfidz 5 juz putra, Elfi Rosyidah juara 2 tahfidz 5 juz putri, Fahmi juara 2 tahfidz 10 juz putra dan Siti Maflucha juara 1 tahfidz 10 juz putri.

Kemudian, kata dia, Irsyam juara 3 cabang tahfidz 20 juz putra, Nia Nurazizah juara 2 tahfidz 20 juz putri, Ulul Amri juara 2 tahfidz 30 juz putra, Tuti Alawiyah juara 3 tahfidz 30 juz putri. Selanjutnya, Saifullah juara 2 tafsir bahasa Arab putra, dan Ummu Habibah juara 2 tafsir bahasa Arab putri. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE