PKK Kepri Ajak Masyarakat Aktifkan Posyandu

id PKK,Kepri,Masyarakat,Posyandu,karimun

PKK Kepri Ajak Masyarakat Aktifkan Posyandu

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri Aisyah Sani ketika berkunjung ke Posyandu Lavender di Tanjung Balai Karimun, Selasa (19/6). (antarakepri.com/Rusdianto)

Setiap kelurahan dan desa sudah ada Posyandu, periksakan kehamilan dan bayi. Kita ingin bayi tumbuh sehat dan pintar
Karimun (Antara Kepri) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepulauan Riau Hj Aisyah Sani mengajak warga masyarakat dan semua pihak terkait mengaktifkan Posyandu sebagai pusat pelayanan kesehatan.

"Semua sektor, baik pemerintah, masyarakat maupun swasta harus bekerja sama secara dinamis dan produktif dalam menghidupkan serta mewujudkan kemandirian Posyandu," kata dia ketika berkunjung ke Posyandu Lavender, Kelurahan Sei Lakam Barat, Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Selasa.

Aisyah Sani mengatakan, Pos Pelayanan Kerpadu atau Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di tingkat kelurahan dan desa terutama untuk pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan bayi.

Menurut dia, Posyandu berperan penting dalam menekan angka kematian ibu hamil dan bayi yang menjadi atensi serius dari PKK.

Ia menilai upaya pemerintah untuk memberdayakan Posyandu sudah cukup baik. Perbaikan gedung dan sarana prasarana Posyandu terus dibangun, dan insentif untuk para kader Posyandu juga secara rutin diberikan pemerintah.

Karena itu, dia berharap para kader Posyandu tidak hanya menunggu datangnya ibu hamil memeriksakan kehamilannya, tetapi proaktif mengajak dan memberikan motivasi agar ibu hamil dan bayi rajin memeriksakan kesehatannya secara rutin.

"Setiap kelurahan dan desa sudah ada Posyandu, periksakan kehamilan dan bayi. Kita ingin bayi tumbuh sehat dan pintar," kata dia.

Dalam kunjungan yang didampingi Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq tersebut, Aisyah Sani juga mengapresiasi keberadaan Posyandu Lavender yang sudah 17 tahun berdiri serta melayani kesehatan ibu hamil dan bayi.

"Para kader Posyandu di sini dan di Karimun pada umumnya, sudah cukup bagus dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. Peranan kader Posyandu menjadi penting dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera," kata dia.

Dalam kunjungan tersebut, dia juga menyerahkan sejumlah bantuan, antara lain timbangan bayi, buku panduan dan poster untuk 10 Posyandu.

Ia juga menyerahkan bantuan berupa peralatan pembuatan dan memasak mi dari tulang ikan, penghargaan dan bingkisan untuk tujuh kader Posyandu serta bantuan susu dan makanan pendamping ASI.

Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, Posyandu Lavender yang berdiri pada 1988 termasuk Posyandu terbaik di Karimun.

"Para kader Posyandu ini sangat gencar menyosialisasikan pentingnya memeriksakan kehamilan ke Posyandu untuk menekan angka kematian ibu hamil dan bayi," kata dia.

Posyandu di Kecamatan Karimun tercatat sebanyak 27 unit untuk pelayanan balita dan 16 Posyandu lansia, sedangkan di Kelurahan Sei Lakam Barat terdapat  5 Posyandu balita. (Antara)

Editor: Sri Muryono

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE