Pembangunan Pulau Bawah Capai 70 persen

id Pembangunan,Pulau, Bawah,wisata,anambas

Pembangunan Pulau Bawah Capai 70 persen

Pulau Bawah dilihat dari udara (antarakepri.com)

Kita akan membuat Pulau Bawah seperti Lagoi di Bintan
Anambas (Antara Kepri)- Pembangunan objek wisata Pulau Bawah yang terletak di Kepulauan Anambas telah mencapai 70 persen dan terus dipantau Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

"Pemkab Anambas nanti yang akan melakukan peresmian objek wisata intenasional Pulau Bawah itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata KKA, Iwan K Roni, di Tarempa, Rabu.

Dijelaskanya, pembangunan objek wisata Pulau Bawah yang dilaksanakan oleh PT Pulau Bawah direncanakan tahun ini mulai beroperasi. Nantinya dijadikan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mengurangi ketergantungan terhadap Dana Bagi Hasil (DBH) Migas.

PT Pulau Bawah yang mengelola Pulau itu kini telah membangun fasilitas pendukung di pulau tersebut, seperti, membangun 36 villa di sepanjang bibir pantai sedangkan pada saat ini sedang dilaksanakan pembuatan dermaga, jelasnya.

Selanjutnya, kata Iwan, pembangunan objek wisata Pulau Bawah juga melibatkan tenaga lokal seperti perkerja kasar bahkan tukang masak dari penduduk lokal Anambas dari Desa Kiabu yang jaraknya sangat dekat dari pulau itu.

Sejak awal pemerintah daerah dalam pengembangan wisata Pulau Bawah, walaupun dilaksanakan oleh investor asing, namun dalam perjanjian telah dituangkan komitmen untuk menyerap tenaga kerja lokal. "Dalam perjanjian dituangkan harus menyerap tenaga lokal dari Anambas," jelas Iwan lagi.

Selain itu, sambung Iwan, Desa Kiabu di kepulauan itu juga akan dijadikan daerah penyangga untuk memenuhi kebutuhan di Pulau bawah seperti ikan dan kebutuhan pokok lainnya.

"Kita akan membuat Pulau Bawah seperti lagoi di Bintan,"ungkapnya. (Antara)
 .
Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE