Batam Dijadikan Hub Jaringan Komunikasi Global

id batam,dijadikan,hub,jalur,komunikasi,global

Batam Dijadikan Hub Jaringan Komunikasi Global

Menkominfo Rudiantara (Foto antaranews)

Dengan menjadikan Batam sebagai hub (penghubung) Indonesia tidak lagi mengandalkan jaringan penyelenggara telekomunikasi luar negeri
Batam (Antara Kepri) - Menteri Komunikasi dan Informastika Rudiantara berencanakan menjadikan Batam sebagai hub jaringan komunikasi Indonesia dan global mengingat saat ini adanya jaringan komunikasi kabel laut ke luar negeri di Tanjung Bemban yang disebut Batam-Mersing Cable System.
        
"Dengan menjadikan Batam sebagai hub (penghubung) Indonesia tidak lagi mengandalkan jaringan penyelenggara telekomunikasi luar negeri," kata  Rudiantara di Batam, Kamis.
        
Pada jaringan kabel bawah laut di Tanjung Bemban, kata dia, sudah terdapat empat penyelenggara telekomunikasi, yakni Indosat, Telkom, Moratelindo dan PT NAP Info Lintas Nusa.
        
Jaringan kabel laut terssebut juga masuk dalam backbone jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jakarta-Pontianak-Batam dan Singapura (JAKABARE) yang dibangun Indosat.
        
Hal tersebut memungkinkan dapat mengantisipasi permintaan kapasitas yang sangat besar sampai satuan Gbps (Giga bit per second) serta dapat berfungsi sebagai cadangan (back-up) untuk jaringan internasional yang ada.
        
Rudi juga menjanjikan insentif pembebasan biaya pelayanan dan biaya fasilitas bagi penyelenggara telekomunikasi memalui hub Batam.
        
"Tentu harus ada dorongan termasuk pemberian insentif ke penyelenggara telekomunikasi untuk pelayanan jaringan internasional melalui hub Batam," kata dia.
        
Sebelumnya, Sales Area Manager Indosat Batam Yahya mengatakan tengah mempersiapkan layanan teknologi 4G untuk pelanggan meski masih menunggu konfirmasi terkait kelebihan layanan internet yang diberikan.
        
Sementara itu, Telkomsel memasukkan rencana jaringan 4G di Batam pada tahap kedua 2015. Telkomsel juga berencana mengembangkan lagi jaringan teknologi 4G LTE di beberapa kota di Indonesia sejalan dengan pencapaian target tiga juta pelanggan 4G tahun ini.
       
Hingga saat ini, Telkomsel mencatat sudah meluncurkan jaringan tersebut di Surabaya dan segera memperluasknya hingga Malang, Semarang Jawa Tengah, Balikpapan Kalimantan Timur dan Batam pada seri kedua.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE