Zikrul Maut di Batam Latih Pemandi Jenazah

id Zikrul/Maut,Batam,Latih,Pemandi,Jenazah

Batam (Antara Kepri) - Organisasi kemasyarakatan Zikrul Maut melatih 400 ibu-ibu anggota Badan Kontak Majelis Taklim di Kota Batam, Kepulauan Riau, mengenai cara memandikan jenazah yang benar sesuai syariat Islam.

Ketua Dewan Pembina Majelis Zikrul Maut, Ansar Ahmad di Batam, Jumat mengatakan pelatihan mengurus jenazah sangat penting untuk memastikan setiap mayat mendapatkan perlakuan yang tepat sesuai ajaran agama Islam.

Mengurus jenazah, mulai dari orang meninggal, hingga dikuburkan merupakan ibadah, dan menjadi tanggung jawab yang masih hidup.

Pria yang juga Bupati Bintan itu menilai tidak banyak kalangan yang mengetahui tata cara Nabi Muhammad SAW dan para sahabat merawat jenazah. Sehingga, ada yang pelaksanaannya tidak sesuai syariat.

"Maka dari itu, kami memandang perlu melakukan pelatihan ini," kata Ansar.

Saat ini, jumlah warga yang memilikipengetahuan dan kemampuan memandikan jenazah masih sangat minim, apalagi kalangan perempuan, sehingga dikhawatirkan ada jenazah yang telantarkan.

Ia berharap pelatihan itu bisa melahirkan sedikitnya seorang yang memiliki pengetahuan dan kemampuan memandikan jenazah di tiap RT di Kepri.

"Sehingga nantinya tidak ada jenazah yang harus menunggu lama karena kekurangan pengurus jenazah. Kasihan," kata dia.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo menyambut baik pelaksanaan pelatihan itu, karena menurut Fardu Kifayah merupakan bentuk konsep Islam yang rahmatan lil alamin.

"Menaburkan kebaikan bagi sesama umat manusia. Semoga, kebaikan ini mendapat imbalan dari yang diatas sana," kata Soerya.

Untuk tahap pertama, pelatihan diberikan kepada 400 orang ibu-ibu di tiga kecamatan di Batam, yaitu Sei Beduk, Batam Kota dan Sekupang. Rencananya kegiatan serupa akan diselenggarakan untuk seluruh ibu-ibu di setiap kecamatan secara bertahap. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE