Mushalla di Mal Batam Dibenahi Jelang Ramadhan

id Mushalla,Mal,Batam,wisata,Jelang,puasa,Ramadhan

Kami menjamin, sekarang kiblatnya sudah benar, karena sudah ditentukan oleh MUI, ada sertifikatnya. Sehingga saat wisman berbelanja di Batam, mereka bisa tetap menjalankan ibadah dengan baik
Batam (Antara Kepri) - Mushalla di lima mal Kota Batam dibenahi  menjelang bulan Ramadhan sesuai dengan imbauan Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau agar wisatawan yang beragama Islam lebih nyaman.

"Alhamdulillah, lima mal terbesar di Batam sudah berbenah, hingga mushalla menjadi tempat yang bersih dan nyaman," kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti di Batam, Selasa.

Lima pusat perbelanjaan tersebut adalah BCS Mall, Kepri Mall,  Mega Mall, DC Mall, dan  Nagoya Hill Superblock merupakan proyek percontohan. Selanjutnya seluruh pengelola destinasi wisata di Kepri wajib membenahi mushallanya.

Guntur mengatakan pembenahan mushalla di pusat-pusat perbelanjaan untuk membuat wisatawan mancanegara nyaman saat beribadah di Batam. Apalagi kunjungan wisman terbanyak kedua ke Batam berasal dari Malaysia yang mayoritas Muslim.

Pemprov Kepri, menggandeng MUI juga menetapkan arah kiblat yang benar di setiap mushalla, karena selama ini banyak yang melenceng.

"Kami menjamin, sekarang kiblatnya sudah benar, karena sudah ditentukan oleh MUI, ada sertifikatnya. Sehingga saat wisman berbelanja di Batam, mereka bisa tetap menjalankan ibadah dengan baik," kata Guntur.

Penataan mushalla kembangkan dalam tiga pilar kerja sama antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat.

Pemerintah membuat regulasi melalui Surat Edaran Gubernur Kepri tentang standarisasi fasilitas mushalla di tempat tujuan wisata.

Kemudian pengusaha diminta menyiapkan fasilitas mushalla sesuai standar serta memberikan keleluasaan kepada pemerintah untuk menata fasilitas ibadah di perusahaan pariwisata.

"Dan dengan masyarakat dibangun kemitraan, sehingga seluruh fasilitas mushalla menjadi milik publik," kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Yusfa Hendri mengatakan pembenahan mushalla di pusat perbelanjaan sangat penting, karena wisata berbelanja adalah unggulan Batam.

"Wisata belanja dan MICE masih menjadi wisata paling digemari wisman ke Batam, sehingga semua aspeknya harus diperhatikan agar membuat nyaman," kata Yusfa.  (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE