Mensos Tinjau Persediaan Beras Bulog Batam

id Mensos,Persediaan,Beras,Bulog,raskin,kofifah,Batam

Mensos Tinjau Persediaan Beras Bulog Batam

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (antaranews.com)

Stok beras raskin yang ada di gudang bulog saat ini cukup untuk dua bulan dan masyarakat tidak perlu kawatir
Batam (Antara Kepri) - Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa meninjau persediaan beras di Gudan Bulog Batam di Kawasan Batuampar untuk memastikan stok yang ada mencukupi hingga Hari Raya Idul Fitri.

"Kami ingin melihat dan memastikan ketersediaan beras raskin selama bulan puasa dan menjelang Lebaran di Batam mencukupi," kata dia di Batam, Mingggu.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri juga memastikan bahwa beras yang tersedia di Bulog Batam berkualitas bagus dan layak dikonsumsi masyarakat.

"Sebagai kuasa pengguna angaran, kami juga harus memastikan kualitas beras agar layak dikonsumsi dan tepat waktu saat distribusi. Kualitas bagus itu beras tidak berkutu, berjamur, berbatu, serta berwarna kuning," kata dia.

Pengadaan beras merupakan mekanisme Bulog dan secara nasional 92 persen untuk raskin. Sisanya 8 persen adalah Cadangan Beras Pemerintah (CBP). CBP digunakan pada masa darurat yang diajukan kepada daerah, bupati/Walikota dan gubernur.

"Selain raskin 92 persen, 8 persen CBP digunakan saat bencana alam, sosial, operasi pasar, serta masa emergency melalui kewenangan bupati/wali kota hingga 100 ton, gubernur 200 ton dan di atas 200 ton kewenangan Kementerian Sosial," kata dia.

Raskin 2015 sebagian menggunakan beras sisa impor 2014 sebanyak 1.300 ton yang cukup hingga Juli, Agustus dan September. Untuk stok dalam negeri suplai beras ada di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

"Harga gabah sudah ada regulasi nasional dan menjadi kewenangan Bulog. Sehingga, sudah ada standar Harga Pokok Pemerintah (HPP) dan Harga Pokok Beras (HPB)," kata Mensos.

Kemensos memastikan setiap penerima raskin yang terdaftar akan menerima sesuai dengan haknya. Dimana pun mereka berada bisa dijangkau dengan bantuan Outreacher Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dibantu kepala desa setempat.

"Bagi warga yang berhak mendapatkan raskin dipastikan menerima di gunung sekalipun. Raskin bisa diterima dengan bantuan Outreacher TRC sebagai wujud perlindungan sosial terhadap warga miskin," kata dia.

Kepala Perum Bulog Batam, Pengadilan Lubis meminta masyarakat tidak perlu resah terhadap kesdiaan beras di Batam.

"Stok beras raskin yang ada di gudang bulog saat ini cukup untuk dua bulan dan masyarakat tidak perlu kawatir," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE