9.614 Pekerja Karimun Terdaftar sebagai Peserta BPJS

id jaminan,sosial,bea,siswa,Pekerja,Karimun,Peserta,BPJS,ketenagakerjaan

9.614 Pekerja Karimun Terdaftar sebagai Peserta BPJS

Dua pekerja memasang plang BPJS Ketenagakerjaan. (Ilustrasi) (antaranews.com)

Salah satu contoh dari manfaat menjadi peserta BPJS adalah beasiswa yang kita berikan kepada 28 siswa SD dan SMP berprestasi di Karimun
Karimun (Antara Kepri) - Sebanyak 9.614 tenaga kerja yang berasal dari 478 perusahaan di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, terdaftar dalam kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BJPS) Ketenagakerjaan.

"Angka kepesertaan sebanyak itu menunjukkan makin tingginya kesadaran perusahaan mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang yang membawahi Karimun Gigih Mulyo Utomo ketika berkunjung ke Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Menurut dia, peranan berbagai pihak terutama pemerintah daerah juga membantu dalam upaya memperluas kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Karimun yang berpulau-pulau.    

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah daerah yang mendukung BPJS Ketenagakerjaan," kata dia.

Kantor BPJS Ketenagakerjaan Karimun, menurut dia, masih berstatus perintis, namun dengan adanya peningkatan jumlah peserta, maka status tersebut direncanakan berubah menjadi kantor cabang mandiri pada 2016.

"Sekarang masih di bawah Kantor Cabang Batam Sekupang dan berstatus perintis," ucap dia.

Ia mengatakan jajarannya dengan menggandeng berbagai pihak, terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan, menurut dia, akan memberikan manfaat bagi peserta, antara lain jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan kematian.

Beda BPJS Ketenagakerjaan dengan asuransi biasa, menurut dia, adalah hasil keuntungan dari program jaminan sosial tersebut dikembalikan kepada peserta, misalnya dengan meningkatkan nominal santunan setiap tahun, beasiswa, dan bantuan perumahan.

"Salah satu contoh dari manfaat menjadi peserta BPJS adalah beasiswa yang kita berikan kepada 28 siswa SD dan SMP berprestasi di Karimun," kata dia.

Program bantuan berupa beasiswa, menurut dia, merupakan salah satu program untuk mendorong anak-anak peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk menimba ilmu hingga jenjang lebih tinggi.

Beasiswa untuk 28 siswa SD dan SMP itu, diserahkan oleh Bupati Karimun di kediaman dinasnya pada Rabu (24/6) di dampingi Wakil Bupati Aunur Rafiq. (Antara)

Editor: M.H Atmoko

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE