KM Bukit Raya Akan Diganti Kapal Perintis

id km,bukit,raya,diganti,kapal,perintis

KM Bukit Raya Akan Diganti Kapal Perintis

Kami akan segera mengganti KM Bukit Raya dengan kapal Perintis KM Sabuk Nusantara untuk beroperasi melayani transportasi laut antar pulau di Kepri.
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang akan mengganti KM Bukit Raya dengan kapal Perintis. Pasalnya, armada milik Pelni tersebut dijadwalkan beralih rute ke Indonesia bagian tengah setelah melakukan pelayaran terakhir di Kepri (26/6).

"Kami akan segera mengganti KM Bukit Raya dengan kapal Perintis KM Sabuk Nusantara untuk beroperasi melayani transportasi laut antar pulau di Kepri," ujar Kepala KSOP Tanjungpinang, Weku Frederik Karuntu, Jumat.

Meskipun belum memastikan apakah KM Sabuk Nusantara 30 atau 39 yang bakal mengganti posisi KM Bukit Raya, namun pihaknya segera melakukan pergantian tersebut sebagai antisipasi terjadinya lonjakan penumpang selama lebaran.

Sementara disisi lain pihaknya sudah menyiapkan KM Trigas 5 sebagai pengganti KM Gunung Bintan dan KM Sabuk Nusantara 30 untuk melayani transportasi laut di Kepri.

Untuk kapal cepat, menurut KSOP Tanjungpinang melalui Kasi Keselamatan Pelayaran Emi Mulyani mengatakan juga telah mensiagakan 7 kapal cepat yang akan beroperasi melayani arus mudik dan balik selama lebaran untuk rute antar pulau di Kepri.

"Masing-masing 4 kapal mesin luar dan 3 kapal mesin dalam," ujar Kasi Keselamatan Pelayaran KSOP Tanjungpinang, Emi Mulyani.

Perihal tersebut disampaikan kembali oleh Kepala KSOP Tanjungpinang, Weku Frederik Karuntu, bahwa pihaknya akan  memberikan kebijakan berupa menambah trip apabila terjadi penumpukan penumpang.

"Kami bersedia memberikan tambahan frekuensi bagi armada laut untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah, termasuk kapal cepat Batam - Tanjungpinang," papar Frederik.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE