Al Kausar, Mesjid Termegah di Jemaja

id Al Kausar, Mesjid, Termegah, di Jemaja

Al Kausar, Mesjid Termegah di  Jemaja

Masjid Al Kautsar Kabupaten Kepulauan Anambas (antarakerpri.com/Radja)

"Saya masih ingat tahun 2009 saya sholat dimesjid ini masih bertiangkan kayu bulat yang beratapkan seng dan berdinding triplek", ungkap Bupati kepulauan Anambas Tengku Mukhtaruddin kepada para jemaah mesjid Al Kausar saat berkunjung Safari Ramadhan k
Anambas (Antara Kepri) - Mesjid Al Kausar merupakan bangunan mesjid  termegah yang terletak di Kecamatan Jemaja, tepatnya di Jalan Merdeka, Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Bangunan mesjid ini dibangun pada saat Jemaja masih tergabung dalam Kabupaten Natuna sekitar tahun 1982. Awalnya bangunan mesjid  hanyalah mesjid kecil yang bertiangkan kayu bulat, beratap seng dan berdinding triplek.

"Saya masih ingat tahun 2009 saya sholat dimesjid ini masih bertiangkan kayu bulat yang beratapkan seng dan berdinding triplek", ungkap Bupati kepulauan Anambas Tengku Mukhtaruddin kepada para jemaah mesjid Al Kausar saat berkunjung Safari Ramadhan ke Jemaja.

Kemudian sebagai pengurus mesjid pertama pada saat itu Abdu Malik Yaccub, Burhanuddin, Medison, dan Jasmin mengusulkan bantuan kepada pemerintah agar mesjid itu dapat dibangun lebih besar menginggat para jemaah daerah itu semakin ramai.

Sebagai ketua mesjid pertama yang menjabat pada tahun 2003 hingga 2014 Abdul Malik Yaccob menceritakan bahwa mesjid itu mulai di besarkan pada tanggal 1 Desember 2003 berawal dari hasil swadaya masyarakat setempat.

Keinginan masyarakat Jemaja pada saat itu ingin memiliki mesjid yang megah yang pada awalnya dapat mengumpul dana dari swadaya masyarakat sebesar Rp87juta dana tersebut terus meningkat mulai tahun 2003 hingga tahun 2008 mencapai Rp250 juta.

Selanjutnya pada tahun 2007 mesjid tersebut mendapat bantuan dari pemerintah Natuna sebesar Rp600 juta, tahun 2009 dari pemerintah daerah kabupaten Kepulauan Anambas Rp150 juta selanjutnya dari pemerintah Natuna kembali menyumbang sebesar Rp700 juta dan selanjutnya bantuan terus berkucuran dari Departemen Agama Rp500 juta, juga dari pribadi bupati, Gubernur Kepri hingga saat ini diperkirakan telah mencapai
milyaran rupiah. 

Sebagai ketua dan pengurus mesjid pertama, Abdu Malik Yaccub dirinya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepala pihak pihak yang telah membantu demi terbangunnya mesjid Al Kausar yang merupakan Mesjid termegah di Jemaja pada saat ini.

"Kini pengurus Mesjid telah dijabat bapak Ubaidilah, karena saya beberapa waktu lalu menjalankan ibadah umroh di Mekah, tutupnya (Antara)

Editor: Evy R.Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE