Otoritas Hang Nadim Siapkan Dua Posko Mudik

id Otoritas,Hang,Nadim,bandara,batam,Posko,Mudik,lebaran

Untuk yang di dalam memang khusus didirikan untuk mempermudah petugas bandara mengawasi kepadatan penumpang. Sehingga bisa diambil tindakan dengan segera jika terlalu padat
Batam (Antara Kepri) - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyiapkan dua posko untuk melayani lonjakan calon penumpang arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah yang beroperasi  10-24 Juli 2015.

"Kami telah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak di Bandara Kantor Karantina, Imigrasi, Bea cukai, perwakilan seluruh maskapai yang melayani penerbangan dari Batam. Hasilnya seluruh pihak sepakat mendirikan dua posko di kawasan bandara," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Sabtu.

Posko tersebut, kata dia, akan didirikan di depan pintu terminal keberangkatan, dan bagian dalam terminal keberangkatan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Posko di depan terminal keberangkatan yang efektif mulai H-7 Lebaran akan diisi petuas gabungan di antaranya dari Kepolisian, Dinas Perhubungan Kota Batam, TNI AU dan petugas pengamanan bandara.

Untuk posko di dalam terminal keberangkatan, lanjutnya, akan diisi khusus oleh petugas bandara. Fungsinya untuk memantau kepadatan penumpang.

"Untuk yang di dalam memang khusus didirikan untuk mempermudah petugas bandara mengawasi kepadatan penumpang. Sehingga bisa diambil tindakan dengan segera jika terlalu padat," katanya.

Suwarso mengatakan, sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik melalui Bandara Internasional Hang Nadim.

"Ada sejumlah perbaikan yang sudah dilakukan, tujuannya untuk meningkatkan pelayanan pengguna bandara," kata Suwarso.

Ia memperkirakan puncak arus mudik melalui transportasi udara akan terjadi pada H-4 Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah atau pada 14 Juli 2014 dengan jumlah penumpang meninggalkan Batam rata-rata per hari mencapai di atas 8.000 orang.

"Sejak awal puasa, rata-rata penumpang 6.000 orang per hari. Kami memperkirakan, beberapa hari ini akan terus meningkat hingga mencapai di atas 8.000 orang per hari pada H-4 nanti," ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah arus mudik dari Batam didominasi penerbangan ke sejumlah kota di Pulau Sumatera seperti Medan Sumatera Utara, Padang Sumatera Barat, Pekanbaru Riau, Palembang Sumatera Selatan, Jambi Lampung.

Untuk tujuan Pulau Jawa didominasi penerbangan ke Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya yang memiliki jumlah penerbangan langsung lebih dari satu kali per hari.

Sementara untuk tujuan Bandung Jawa Barat hanya dilayani dua kali sehari (Lion Air dan Garuda Indonesia) dan Semarang Jawa Tengah baru dilayani satu kali per hari oleh maskapai Lion Air. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE