Ria-Sulis Daftar KPU Diiringi Reog

id Ria,KPU,daftar,calon,Reog,pilkada,wali,kota,batam,saptarika,sulistiana

Batam (Antara Kepri) - Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Batam Kepulauan Riau, Ria Saptarika dan Sulistiana mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Batam dengan diiringi Reog Ponorogo, Senin.

Penyambutan oleh Reog Ponorogo dan tabuh kompang menandakan kedua pasangan itu didukung warga Batam dari beraneka budaya yang diwakili Reog dari Jawa dan Kompang dari Tanah Melayu.

Ria yang mengenakan baju Melayu putih-putih dengan peci hitam bersama Sulistiana yang mengenakan safari merah, juga dengan peci hitam, sempat menyaksikan atraksi Reog Ponorogo di gerbang luar Kantor KPU Batam, sebelum akhirnya memasuki ruangan untuk mendaftarkan diri.

Dalam pendaftaran itu, diketahui beberapa syarat pencalonan Ria Saptarika dan Sulistiana belum dilengkapi, yaitu masing-masing surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat keterangan bebas narkoba, dan salinan NPWP, SPT PP yang menyatakan tidak punya tunggakan pajak.

"Syarat yang belum dilengkapi harap diusulkan kemudian," kata Ketua KPU Batam Agus.

Sementara syarat surat pengajuan pengunduran diri dari keanggotaan DPD RI milik Ria Saptarika sudah dipenuhi.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU mengingatkan agar Ria menyertakan surat persetujuan pengunduran diri dari Setjen DPD RI, maksimal 60 hari setelah ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah oleh KPU.

Ria Saptarika dan Sulistiana diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Amanat Nasional. Meski hanya dua partai, namun KPU memastikan sudah sesuai dengan syarat pencalonan diri.

"Secara global, dukungan pengusung sebanyak 13 kursi, PDIP delapan kursi dan PAN 5 kursi. Karena berdasarkan PKPU, batas minimum partai pengusung 20 persen dari jumlah kursi yang ada, artinya 10 kursi," kata dia.

Sementara dukungan dari Partai Golkar kubu Munas Bali masih belum diterima KPU, menunggu putusan terbaru dari KPU Pusat dan Kemhukham.

Di tempat yang sama bakal calon wali kota Batam Ria Saptarika mengatakan lega telah mendaftarkan pencalonannya ke KPU serta melengkapi hampir seuruh syarat yang diberikan.

Mengenai pencalonannya, Ria yang mantan wakil wali kota Batam itu menyampaikan optimis dapat memenangkan pertarungan.

"Kami maju karena kami yakin," tukas dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE