Pasangan Perseorangan "Razul" Serahkan 13.209 Dukungan

id Pasangan,Perseorangan,Razul,Dukungan,raja,usman,zulkhainen,calon,bupati,karimun,pilkada

Pasangan Perseorangan "Razul" Serahkan 13.209 Dukungan

Pasangan bakal calon jalur perseorangan Raja Usman (kiri)-Zulkhainen ketika mendaftar ke KPU Karimun beberapa waktu lalu. (antarakepri.com/Rusdianto)

Bukti dukungan yang diserahkan itu, merupakan kekurangan dari jumlah minimal yang disyaratkan bagi pasangan perseorangan untuk maju dalam Pilkada 9 Desember 2015. Jumlah minimal yaitu sebanyak 23.150 dukungan
Karimun (Antara Kepri) - Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Karimun jalur perseorangan, Raja Usman Azis-Zulkhainen atau "Razul", menyerahkan sebanyak 13.209 bukti dukungan ke KPUD Karimun, Kepulauan Riau, Jumat.

"Bukti dukungan yang diserahkan itu, merupakan kekurangan dari jumlah minimal yang disyaratkan bagi pasangan perseorangan untuk maju dalam Pilkada 9 Desember 2015. Jumlah minimal yaitu sebanyak 23.150 dukungan," kata Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KPUD Karimun Eko Purwandoko usai penyerahan bukti dukungan tersebut di Kantor KPUD Karimun, Jumat sore.

Eko Purwandoko menjelaskan, pasangan "Razul" sebelumnya menyerahkan 24.257 bukti dukungan, namun berdasarkan verifikasi faktual yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS), sebanyak 5.301 dinyatakan tidak lolos verifikasi dan harus diganti dua kali lipat dari jumlah tersebut, yaitu sebanyak 10.602 dukungan, sesuai ketentuan.

Meski lebih banyak dari jumlah bukti dukungan yang harus diperbaiki, namun ia mengatakan akan diteliti lebih dahulu, apakah semuanya memenuhi syarat, seperti tidak ada dukungan ganda, fiktif, atau dukungan dari pegawai negeri sipil dan penyelenggara Pilkada.

Verifikasi bukti dukungan tersebut akan dilaksanakan PPS dan PPK pada 10-11 Agustus, kemudian dilanjutkan penelitian administrasi dan faktual di tingkat kelurahan dan desa selama lima pada pekan depan.

"Kita tunggu saja hasil verifikasi faktual oleh PPS, baru kita ketahui dan umumkan apakah memenuhi jumlah minimal atau tidak," kata dia.

Tim sukses pasangan "Razul" M A Rachman optimistis bukti dukungan berupa identitas kependudukan itu lolos verifikasi administrasi dan faktual.

"Bukti dukungan yang kita serahkan riil, tersebar merata di 11 kecamatan," kata Rachman.

Bukti dukungan perbaikan itu diserahkan ke KPUD Karimun dalam 12 bundel menggunakan amplop coklat, dan dicek bersama-sama KPUD dan Panwaslu.

Sementara itu, untuk pasangan bakal calon dari partai politik, Eko Purwandoko mengatakan semuanya sudah menyerahkan berkas pencalonan hasil perbaikan.

Dua pasangan calon dari partai politik tersebut, antara lain Agusriono-Ahmad Darwis atau "Armada" yang diusung Partai Gerindra dan PKS, pasangan petahana Aunur Rafiq-Anwar Hasyim yang diusung Partai Demokrat, Hanura, PDI Perjuangan, PKB, PAN dan NasDem.

"Tahapan perbaikan persyaratan pencalonan berakhir hari ini, dan ketiga pasangan yang mendaftar telah menyerahkan berkas pencalonan yang sudah diperbaiki," ucap Eko Purwandoko. (Antara)

Editor: F.C Kuen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE