Koramil Kundur Bagikan 100 Bendera kepada Suku Duane

id Koramil,Bendera,Suku,kundur,karimun,tni,Duane

Koramil Kundur Bagikan 100 Bendera kepada Suku Duane

Danramil 03/Kundur Kapten (Inf) K Manurung membagikan bendera kepada masyarakat di perkampungan Suku Duane, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Kamis (13/8). (antarakepri.com/Istimewa)

Masyarakat perbatasan harus bangga menjadi bagian dari NKRI, dan bendera adalah lambang negara yang harus dikibarkan pada hari-hari besar nasional, terutama HUT kemerdekaan negara kita
Karimun (Antara Kepri) - Komando Rayon Militer (Koramil) 03/Kundur Kodim 0317 Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, membagi-bagikan seratus bendera Merah Putih kepada masyarakat Suku Duane yang merupakan masyarakat suku asli daerah setempat, Kamis.

"Seratus lembar bendera Merah Putih kita bagikan agar perkampungan masyarakat Suku Duane semarak dan meriah menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2015," kata Danramil 03/Kundur Kapten (Inf) K Manurung di Tanjungbatu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Kamis.

Suku Duane merupakan suku laut yang masih terkebelakang dan tertinggal yang membutuhkan perhatian dan pembinaan agar memiliki rasa kebangsaan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Ia mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih di setiap rumah Suku Duane diharapkan turut memotivasi masyarakat suku lain agar mengibarkan bendera di rumahnya masing-masing.

Pengibaran Sang Merah Putih di rumah-rumah, menurut Danramil, tidak hanya untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-70, tetapi merupakan cerminan nilai-nilai rasa kebangsaan yang tetap tertanam di tengah-tengah masyarakat Karimun maupun Pulau Kundur yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia.

"Masyarakat perbatasan harus bangga menjadi bagian dari NKRI, dan bendera adalah lambang negara yang harus dikibarkan pada hari-hari besar nasional, terutama HUT kemerdekaan negara kita," kata dia.

Ia menambahkan, pengibaran bendera adalah bagian kecil dari bukti syukur dan penghargaan pada jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

"Semangat kebangsaan harus ditanamkan dari hal-hal kecil, seperti pengibaran bendera, namun memiliki makna mendalam dalam mewujudkan semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengharapkan bendera Merah Putih harus berkibar dari perkotaan hingga pelosok desa, termasuk perkampungan Suku Duane yang terpencil.    

"Sebagai prajurit TNI, kami berkewajiban untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara," tambah Danramil K Manurung. (Antara)

Editor: Ridwan Chaidir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE