Siswi Kesurupan dan Pingsan saat Upacara Kemerdekaan

id Kesurupan,Pingsan,natuna,Upacara,Kemerdekaan

Siswi Kesurupan dan Pingsan saat Upacara Kemerdekaan

Seorang siswa digotong dengan tandu karena kesurupan ketika mengikuti upacara HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pantai Kencana, Ranai, Natuna (17/8). (antarakepri.com/Zam Jambak)

Penyebabnya kekurangan cairan tubuh atau dehidarsi, cuaca sangat panas berimbas pada ketahanan tubuh. Apalagi perut dalam keadaan kosong sehingga mudah jatuh dan pingsan, bahkan kesurupan
Natuna (Antara Kepri) - Dua siswi SMA kesurupan dan puluhan lainnya pingsan saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pantai Kencana Ranai, Kabupaten Natuna, Senin.

Kejadian tersebut membuat para medis dari Dinas Kesehatan Natuna, RSUD, Puskesmas Ranai dan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Natuna kerepotan, bahkan dari puluhan siswa tersebut, ada yang dirujuk ke RSUD untuk mendapat perawatan intensif.

"Dua siswa yang kesurupan merupakan siswa dari SMU 2 Ranai. Lima dari puluhan yang pingsan kita rujuk ke RSUD Natuna untuk mendapat pengobatan insentif dan yang sudah sembuh kita bolehkan pulang," kata tenaga medis Puskesmas Ranai, Suharto.

Salah satu penyebab dari kejadian itu, terang dia, dikarenakan dehidrasi yang berlebihan akibat cuaca panas. Kemudian, perut kosong serta kelelahan sehingga daya tahan tubuh tidak maksimal akibatnya mudah jatuh dan pingsan.

"Penyebabnya kekurangan cairan tubuh atau dehidarsi, cuaca sangat panas berimbas pada ketahanan tubuh. Apalagi perut dalam keadaan kosong sehingga mudah jatuh dan pingsan, bahkan kesurupan," terang dia.

Pantauan di posko kesehatan di Pantai Kencana, bukanhanya siswa saja yang mengalami pingsan, 1 anggota TNI AU, 2 anggota Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI), 1 Damkar dan 1 masyarakat umum juga mengalami hal yang sama.

Untuk melayani peserta upacara yang mendapat musibah itu, sebanyak empat ambulans dari Dinas Kesehatan dipersiapkan, termasuk 1 dokter umum, 30 tenaga medis dan 10 relawan PMI dan dibantu 5 anggota TNI AU.

Sementara itu, upacara HUT RI ke-70 yang berlangsung di Pantai Kencana Ranai berjalan lancar, meski cuaca yang panas. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Natuna Ilyas Sabli, pembaca naskah Proklammasi Ketua DPRD Kabupaten Natuna Yusripandi, pembaca doa, Kepala Kankemenag Natuna Sudarmadi dDan komandan upacara Kapten Laut Samsul Purwono dari Lanal Ranai.

Turut hadir anggota DPRD, semua unsur FKPD, SKPD, para veteran, alim ulama, Kades se-Bunguran serta tokoh dan masyarakat Natuna. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE