Tiga Pasang Cabup Karimun Deklarasi Pilkada Damai

id Pasangan,Cabup,Karimun,Deklarasi,Pilkada,Damai,calon,bupati

Tiga Pasang Cabup Karimun Deklarasi Pilkada Damai

Tiga pasang calon bupati dan calon wakil bupati berpegangan tangan usai penandatanganan deklarasi Pilkada Damai di panggung rakyat Putri Kemuning, Coastal Area, Tanjung Balai Karimun, Kamis (27/8). (antarakepri.com/Rusdianto)

Pilkada harus diwarnai dengan kegembiraan, bukan ketakutan apalagi sampai konflik. Inikan memilih pemimpin secara demokratis, bukan mencari musuh atau memutus tali persaudaraan
Karimun (Antara Kepri) - Tiga pasang calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis, menandatangani kesepakatan untuk bertanding secara damai dalam Pemilihan Kepala Daerah setempat pada 9 Desember 2015.

Penandatanganan kesepakatan itu dilaksanakan dalam acara "Launching Deklarasi Aksi Damai" yang digagas Kepolisian Resor Karimun di pelataran panggung rakyat Putri Kemuning, Coastal Area, Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Adapun tiga pasang calon bupati dan calon wakil bupati yang menandatangani deklarasi damai tersebut antara lain, pasangan nomor urut 1 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim, nomor urut 2 Agusriono-Ahmad Darwis dan nomor 3 Raja Usman Azis-Zulkhainen.

Kapolres Karimun AKBP I Made Sukawijaya mengatakan, acara tersebut merupakan sebuah pembuktian kepada masyarakat bahwa ketiganya sepakat untuk mewujudkan Pilkada yang penuh dengan kegembiraan meski berkompetisi dalam politik.

"Pilkada harus diwarnai dengan kegembiraan, bukan ketakutan apalagi sampai konflik. Inikan memilih pemimpin secara demokratis, bukan mencari musuh atau memutus tali persaudaraan," kata dia usai penandatangan deklarasi Pilkada damai tersebut.

Ia mengharapkan Pilkada juga berlangsung secara demokratis, sehingga melahirkan pemimpin lima tahun ke depan yang benar-benar diterima oleh masyarakat.

"Kalau demokratis, berintegritas, tidak ada kecurangan, bersih dari kampanye hitam, sudah tentu pemimpin yang terpilih diterima semua pihak," kata dia seraya menambahkan jika terjadi persengketaan, maka ia berharap masing-masing pasangan bisa menempuh jalur hukum.

Kapolres mengatakan acara tersebut sengaja digelar di tempat terbuka sehingga bisa disaksikan masyarakat secara luas, berbeda dengan Pilkada yang lalu yang digelar di Mapolres Karimun.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Karimun Ahmad Sulton mengapresiasi prakarsa Polres Karimun untuk menggelar acara tersebut. Ia berharap ketiga pasang kandidat benar-benar mengimplementasikan deklarasi tersebut dalam mengikuti setiap tahapan Pilkada.

"Sekarang sudah memasuki tahapan kampanye, kami mengharapkan ketiga pasangan melaksanakan kampanye sesuai aturan," kata dia.

Turut menandatangani deklarasi tersebut, Kapolres Karimun, Ketua KPU dan Panwaslu serta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Setelah penandatanganan deklarasi damai tersebut, ketiga pasang calon menggelar konvoi dikawal polisi, serta diikuti sejumlah pejabat, pengurus partai politik dan pendukung masing-masing kandidat.

Diketahui, pasangan Aunur Rafiq-Anwar Hasyim diusung Partai Demokrat, Hanura, PDI Perjuangan, PKB, PAN dan NasDem, pasangan Agusriono-Ahmad Darwis diusung PKS dan Gerindra, sedangkan pasangan Raja Usman Azis-Zulkhainen merupakan pasangan dari jalur perseorangan. (Antara)

Editor: Adi Lazuardi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE